puasa arafah
Foto: pexels.com

Sebentar lagi, umat muslim di Dunia akan menyambut hari raya Idul Adha 1442H. Pada bulan Dzulhijjah, banyak amalan yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah melaksanakan Puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Dalam bulan ini, Rasulullah SAW mengerjakan amalan berupa puasa 9 hari menjelang Idul Adha.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.” (HR. Abu Dawud)

Dilansir dari detik.com, puasa yang dilakukan pada hari ke-8 disebut puasa Tarwiyah. Sedangkan, puasa yang dilakukan pada hari ke-9 disebut Puasa Arafah.

Pada tahun ini, Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 tepatnya di hari 10 Dzulhijjah 1442H. Artinya Puasa Arafah tahun ini dapat kita laksanakan pada satu hari sebelum hari H, yaitu pada hari Senin, 19 Juli 2021. Puasa Arafah ini memiliki keutamaan yang besar.

 

Keutamaan Puasa Arafah

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir)

“Puasa hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun, yaitu tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya. Puasa Asyura’ menghapuskan dosa tahun sebelumnya,” (hadis riwayat jamaah kecuali Bukhari dan Tirmizi).

Ketika di 9 Dzulhijjah jamaah haji wukuf di Arafah, merasakan panas terik matahari, kita yang tidak melaksanakan haji disunahkan berpuasa sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, agar merasakan bagaimana panasnya nanti ketika di Padang Mahsyar dalam keadaan tidak makan dan tidak minum.

 

Niat

Dalam berniat yang paling penting adalah niat diri dan dalam hati. Kita bisa berniat menggunakan bahasa sendiri atau bahasa Indonesia, atau bisa juga mengucapkan:

“Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya: “Saya niat Puasa Arafah, karena Allah ta’ala.”

Sobat Cerdas, yuk kita Puasa tanggal 9 Dzulhijjah! Semoga kita semua memiliki niat untuk melaksanakan puasa tersebut dan dapat melaksanakannya dengan baik.

Penulis: Syahida Inayatullah

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here