Muda berkurban
Foto: Sanur (20)/ ngaderes.com

Sanur, Volunteer Qurban Festival

Kurban Corner — Siapa yang sangka sih? Ternyata amalan Idul Adha itu bukan hanya melaksanakan kegiatan kurban loh. Banyak amalan-amalan lain yang bisa kita usahakan di bulan Dzulhijjah ini. Salah satunya adalah menjadi seorang relawan atau volunteer pada organisasi yang melaksanakan kegiatan muda berkurban. Seperti yang dilakukan oleh Sarah Nurussalamah atau yang biasa dipanggil Sanur (20). Ia salah seorang anak muda hebat yang menjadi volunteer di salah satu MHQ Manajemen Hewan Qurban.

Sanur, mahasiswa ITB yang memiliki segudang kesibukan. Diantaranya yaitu menjadi kepanitiaan wisuda di ITB, menjadi wakil menteri di KM ITB, menjadi sekre paguyuban, dan staff grafis di wisuda himpunan di kampusnya. Meskipun demikian, Ia tetap menyempatkan diri untuk melaksanakan amalan baik di bulan Dzulhijjah ini. Yaitu menjadi seorang volunteer di MHQ Manajemen Hewan Qurban bernama Quban Festival.

Muda kurban
Foto: Dokumentasi Pribadi Sanur (20)

“Karena, biar disibukkan juga sama kegiatan ngurusin kurban, biar dapet pahala dzulhijjah, dan memaknai Idul Kurban dengan semaksimal mungkin,” jelas Sanur saat diwawancarai pada Sabtu, 10 Juli 2021.

Kegiatan yang dilakukan Sanur saat menjadi volunteer yaitu menawarkan hewan kurban ke personal, instansi, dan mengumpulkan kulit untuk disalurkan kembali. “Ternyata menantang, gak sekedar nawarin hewan, tapi kita menawarkan pahala berkurban juga ke calon customer-nya,” ungkap Sanur.

Muda Berkurban

Dalam menjalankan kegiatan menjadi volunteer di Qurban Festival. Sanur juga mengakui mendapat banyak manfaat, seperti menambah skill marketing, membangun rasa percaya diri untuk menawarkan ke orang-orang, dan mendapatkan ilmu tentang sejarah berkurban dari awal kehidupan di bumi ini.

Ternyata, selain mendapat pahala di bulan Dzulhijjah, banyak juga manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dengan menjadi seorang volunteer kegiatan kurban. Didalamnya juga kita mensyiarkan sunnah kurban kepada masyarakat luas dan membantu umat muslim yang ingin melaksanakan kurban. Seperti yang dilakukan dan didapatkan oleh Sanur, pemuda hebat yang tak kenal lelah.

“Hari esok adalah hal yang paling tidak pasti, karena yang pasti itu kematian. Jadi, yuk sama-sama memaksimalkan hari ini, maksimalkan moment Idul Kurban ini, ngumpulin sebanyak-banyaknya pahala Dzulhijjah, dan semoga kita yang muda, yang mampu untuk berkurban :D,” pungkas Sanur.

Penulis: Syahida Inayatullah

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here