Sumber : pexels.com

Tips – Di musim pancaroba seperti sekarang, cuaca suka tak menentu. Kadang panas, lalu turun hujan, ditambah masih dalam kondisi pandemi. Pasti sedikit banyaknya berpengaruh juga sama tubuh kita.

Walau cuaca galau, hati kita jangan ikutan galau. Tetaplah tenang dan bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan.

Berbicara tentang tubuh kita yang sering kena penyakit ringan, macam flu, migrain, sakit tenggorokan, atau luka gores. Beberapa dari kita menganggap konsumsi obat medis sudah paling ampuh kali ya? Dan balik lagi apapun ikhtiar kita bahwa yang menyembuhkan hanya Tuhan.

Tubuh manusia itu bagaikan sebuah misteri. Sejak awal peradaban, perkembangan dan penelitian ilmiah tentang tubuh manusia memang tidak pernah ada habisnya. Kadang ilmuwan pun tak bisa sepenuhnya memahami anatomi tubuh manusia ini.

Namun, beberapa penelitian mengatakan bahwa tubuh manusia merespon pengobatan tradisional lebih baik daripada intervensi medis dan obat-obatan modern.

Maka dari itu, ada trik sederhana yang mungkin dari kalian belum banyak mengetahuinya. Agak aneh sih triknya tapi dipercaya ahli medis bisa jadi kunci penyembuhan penyakit kamu guys.

  1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan karena panas dalam? Atau keseringan minum sirup berasa? Kamu bisa coba secangkir teh panas dengan madu. Atau buatlah larutan garam (air panas+garam) lalu kumur-kumur pada mulut kamu, tapi itu efeknya berlangsung sementara.

Mau tau gimana cara ngilangin gatal saat sakit tenggorokan? CEO sebuah pusat khusus THT di Gibbsboro, New Jersey, Scott Schaffer, M.D. dalam sebuah wawancara untuk Men’s Health mengungkapkan sebuah rahasia untuk membantu gatal pada tenggorokan. Yakni dengan menggaruk telinga.

Dr. Schaffer menjelaskan “Ketika saraf di telinga dirangsang, itu menciptakan refleks di tenggorokan yang bisa menyebabkan kejang otot. Kejang ini mengurangi gelitik/gatal pada tenggorokan,” ujarnya.

  1. Menghilangkan Hidung Tersumbat

Ketika flu mulai melanda. Hidung kamu tersumbat dan terasa pengap karena ingus? Dan kamu mulai kehilangan fokus karena mampet. Ada cara praktis menyingkirkannya.

Tekan lidahmu di atas langit-langit mulut kemudian tekan alismu dengan jari telunjuk. Ini akan melonggarkan lendir yang ada pada hidung kamu menuju tenggorokan. Tarik napas dalam-dalam setiap 20 detik lalu lepaskan.

Kemudian ucapkan selamat tinggal pada hidung mampetmu!

  1. Mencegah Bekas Luka Bakar

Ketika kamu main bakar-bakaran. Dan yang kamu bakar ingatan masa lalu yang menyakitkan, atau surat dari si mantan. Lalu tanganmu terbakar karena kobaran api yang menyambar hingga sanubari.

Ok, pokoknya saat kamu dapat luka bakar ringan. Cara yang satu ini akan mengembalikan suhu tubuh kamu kembali normal dan bisa mencegah bekas luka bakar.

Alih-alih mengambil sebungkus es batu, gunakan saja jari kamu untuk menekan langsung ke area yang terkena luka bakar tersebut. Ini akan memperlambat proses homeostasis tubuh kamu dan mencegah luka agar tidak melepuh.

Seiring berjalannya waktu, kulit kamu akan sembuh secara alami dan bebas dari luka bakar itu.

  1. Meredakan Migrain/Sakit Kepala Secara Instan

Bagi kamu yang sering ngalamin migrain/sakit kepala karena ngurusin hidup orang, gak dong. Atau sibuk ngerjain tugas kampus yang tidak  ada habisnya. Jangan langsung minum obat ‘parahmen’ ya sob.

Satu teknik kuno ini mungkin bisa jadi solusi. Sebuah acara bernama LiveStrong mengungkapkan rahasianya, yaitu rangsang titik yang sama antara ibu jari dan jari telunjuk kamu menggunakan telunjuk dan ibu jari tangan kamu yang lain.

Lakukan sedikit tekanan ringan, dan tahan selama 2 menit. Lakukan juga pada jari tangan yang satunya. Teknik ini akan memperbaiki aliran darah ke kepala dan leher kamu, sehingga bisa melepaskan energi yang terblokir di kepala kamu. Cobain deh!

  1. Menghilangkan Stress

Stres mikirin tugas? Atau mikirin kapan nikah? Temukan solusinya di pelatihan sehari semalam ala-ala. Ngawur nih!

Gak perlu ikut pelatihan sob buat ngilangin stres. Cukup basuh wajah kamu dengan air dingin sambil tahan napas. Karena air dingin akan memicu otak kamu untuk menggunakan lebih banyak oksigen, dan kamu bisa kembali tenang.

Atau kamu bisa konsumsi segelas air dingin dan mandi air dingin akan memiliki efek yang sama. Menurut WebMD, hubungan antara air dingin dengan menghilangkan stres sudah terbukti bahkan sejak masa lalu.

  1. Menghadapi Jarum Suntik Tanpa Rasa Takut

Apa kalian pernah di suntik sama dokter atau suster buat masukin obat/vaksin/untuk tes darah? Dan kalian hanya dua pilihan, kalian kabur atau terpaksa diam membeku tak bisa berbuat apa-apa karena malu untuk kabur.

Caranya biar tidak takut sama jarum suntik. Kamu cukup batuk saat perawat akan menyisipkan jarum. Ini akan mengalihkan perhatian kamu dari sensasi jarum suntik, jadi kamu tidak perlu takut lagi.

Namun ingat, sebelum kamu batuk bilang dulu sama si perawat, jaga-jaga takutnya jarum salah sasaran. Lebih ngeri kan!

  1. Meringankan Sakit Gigi dengan Cepat

Jika kamu memiliki gigi sensitif atau gigi kamu sering sakit. Ada cara cepat dan ampuh untuk mengatasi gigi kamu yang sakit, yaitu ambil segelintir es batu masukan dalam plastik lalu letakkan di punggung tangan kamu. Gosokan bantalan es itu ke depan dan belakang antara ibu jari dan telunjuk kamu.

Karena area tangan antara ibu jari dan telunjuk ini dipenuhi jalur saraf yang mengirimkan sinyal nyeri dari tangan dan wajah ke otak. Berkat dinginnya bantalan es itu maka sinyal tersebut akan diblokir. Rasa sakit gigi kamu juga akan diblock.

Jika cara itu gak berhasil, coba pake minyak cengkeh!

  1. Menghilangkan Nervous Dalam Sekejap

Apa kamu merasa kupu-kupu seperti beterbangan di perutmu? Nervous saat presentasi kelas atau interview kerja atau grogi saat ketemu camer? Kita ada tekniknya buat ngilangin nervous kamu.

Blow on your thumb (tiup jempol kamu) sampai nervous kamu hilang. Percaya atau tidak teknik simple ini memaksa kamu untuk tetap fokus dalam mengatur pernapasan dan menenangkan saraf vagus, sehingga bisa memperlambat detak jantung kamu.

Tips di atas mudah-mudahan bisa berhasil kalian terapkan ya, jangan lupa share ke teman atau keluarga kamu supaya bermanfaat. (dita f.a/berbagai sumber)

Penulis: Dita F.A

Editor: admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here