Ngaderes.comSebuah konten di media sosial memang dirancang untuk mencapai berbagai tujuan, mulai dari hanya sekadar memberikan informasi, membagikan pengalaman, meningkatkan peringkat di mesin pencari, menjadi viral, hingga meningkatkan pendapatan bisnis. Semua kembali lagi ke goals awal apa yang ingin dicapai dari konten tersebut.

Dilansir dari nbforum.com  sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ascend2 and Research Partners , menyatakan bahwa sebanyak 89 % responden melihat hasil positif dari pemasaran sebuah konten, terlepas dari tujuan khusus mereka. Jadi jelas bahwa konten marketing cukup berhasil jika kita tahu apa yang mereka (target konsumen) butuhkan.

Konten yang bagus hadir dalam berbagai jenis format, disesuaikan dengan platform media sosial yang digunakan. Karena bisa jadi konten ini cocok untuk di share di facebook, tapi kurang pas jika di posting di twitter. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus dalam menyusun strategi sebuah konten.

Bahasan kali ini kita akan fokus ke konten marketing Instagram. Kenapa instagram ? Dikutip dari laman niagahoster.co.id bahwa 72 % orang membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram. Karena alasan inilah membuat Instagram menjadi salah satu media sosial terbaik untuk menjalankan social media marketing bisnis kamu.

Ide konten Instagram untuk bisnis berbeda dari ide konten instagram pribadi. Bagi pemilik instagram pribadi, pengguna lebih bebas mengekspresikan diri, sedangkan untuk bisnis, kamu harus berpikir untuk membangun branding merek bisnismu dengan cara se-efektif mungkin. Feed instagram harus dibuat eye-cacthing dengan tetap melibatkan interaksi followers dan calon followers agar tertarik dengan apa  yang kamu jual.

Menurut Buddy Sosial, setidaknya bisa dilakukan 1-3 kali postingan per hari, atau minimal memposting satu konten per hari. Lalu konten postingan seperti apa yang bisa menarik banyak pengunjung yang akhirnya memutuskan membeli produk bisnis kamu ? Ini dia beberapa ide konten yang bisa kamu coba untuk post Instagram bisnismu.

Perkenalkan Merek/Brand Bisnis

Sebelum memposting produk/jasa yang akan kamu jual, jika kamu benar-benar ingin target konsumen memahami brand bisnismu, pertama-tama perkenalkan diri dan brand bisnismu. Karena kebanyakan orang saat ini lebih suka mengenal terlebih dulu, lalu mereka mulai mempelajari brand itu sebelum mendukung, mengikuti dan akhirnya membeli apa yang kamu jual. Jadi, buatlah kesan pertama dengan informasi mengenai brand bisnis kamu, seperti contoh di bawah ini :

Perkenalkan merek bisnis
Made by We: @made.by.we

 

Postingan Teaser untuk Menarik Keingintahuan Audiens

Buat postingan teaser, spoiler pendek untuk menarik keingintahuan audiens. Sehingga ada sensasi ‘kepo’ dari audiens tentang produk/jasa yang akan kamu promosikan. Sarannya jangan berikan semua informasi tentang produk baru sekaligus dalam satu postingan, tapi gunakan trik marketing agar bisa menggaet audiens lebih banyak.

Setelah membangun rasa hype dari audiens, barulah kamu siap untuk menampilkan postingan produk pertama. Terapkan secara konsisten dengan ide-ide sederhana untuk memamerkan produk kamu di media sosial, mulai dari perencanaan ide konten, jenis postingan, komposisi design, penggunaan caption, dan juga pemakaian hashtag.

Contoh Teaser Postingan Instagram :

Postingan Teaser Agar Menarik Peminat
IG : @madame.gie

Kegiatan di Belakang Layar ( Behind The Scenes)

Salah satu cara meningkatkan image brand bisnis kamu adalah cerita tentang siapa yang berada di balik layar tim kamu. Beri tahu siapa saja di balik kerja keras dan kesuksesan bisnis kamu. Ekspresikan bagaimana tim kamu bekerja, perlihatkan kegiatan mereka dan seperti apa serunya orang-orang yang ada di sekeliling bisnismu. Postingan seperti ini juga bisa menjadi strategi untuk mendekatkan diri dengan followersmu.

Contoh ide postingan, foto profil karyawan, owner, candid kegiatan saat mereka bekerja, tour the office, dan lain sebagainya.

IG : @grab.id

Konten dari users (User generated content)

Appreciate konsumen atau followers bisnismu secara berkala. Tidak hanya mereka yang membeli produk, tetapi juga hargai untuk setiap jenis interaksi lainnya terhadap bisnis kamu. Apakah Followersmu sudah mencapai ribuan? Apakah acara atau promo yang kamu lakukan lebih sukses dari yang kamu kira? Berterimakasihlah pada mereka!

Salah satu caranya bisa dengan memposting ulang konten dan feedback dari followers. Tunjukkan bahwa kamu senang dengan komentar positif yang mereka berikan ! Contoh, post ulang foto mereka saat mengenakan produk kamu, atau post komentar/testimoni positif dari mereka.

IG : @monokastore

Bekerjasama dengan Influencer

Pasti sudah tak asing lagi dengan istilah influencer, mereka adalah yang memiliki pengaruh di masyarakat. Contohnya selebrit, youtuber, vlogger, atau public figure. Menggunakan jasa influencer bisa membuat brand bisnismu lebih eksklusif, membuat konsumen lebih percaya produk kamu, dan yang paling penting adalah mendongkrak penjualan.

Namun perlu diperhatikan juga dalam memilih influencer, sesuaikan dengan budget, pilih influencer yang sesuai dengan target pasar bisnismu, pilih yang memiliki reputasi baik, dan engagement yang tinggi.

IG : @rachelvennya

Semoga ide-ide berikut bisa menjadi inspirasi dalam membuat konten instagram bisnis kamu dan mengexplore kreativitas kamu. (Dita/berbagai sumber)

Penulis: Dita Fitri Alverina
Editor: Fierza Luthfi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here