kelola uang
Foto: pexels.com

Pemuda Bicara — Sudah masuk akhir bulan nih, siapa sih yang tidak senang ketika tanggal gajian tiba? Kita yang sudah bekerja pasti menantikan datangnya hari gajian. Namun, banyak di antara kita masih perlu perlu belajar cermat kelola uang gaji bulanan agar tidak tergoda berhutang, apalagi untuk kebutuhan sekunder yang kurang penting.

Buat kamu yang suka stress di akhir bulan karena belum gajian, yuk simak tips berikut agar bisa bijak dalam kelola uang gaji bulananmu.

 

1. Buat Catatan untuk Skala Prioritas

Buatlah list perencanaan untuk setiap kebutuhanmu. Kamu bisa membuat catatan sebelum kamu menerima gaji.

Uang yang kamu dapatkan dari gaji atau pendapatan bulanan bisa kamu bagi untuk beberapa hal. Ingat skala prioritas penuhi kebutuhan pokok terlebih dulu, misalnya makan, transportasi, kebutuhan sekolah anak, tagihan/cicilan. Sisihkan pendapatan/gajimu sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

 

2. Belanja Kebutuhan

Bijaklah dalam berbelanja. Terutama buat kaum perempuan yang mudah terpengaruh dengan barang diskon di akhir atau awal bulan.

Belanja sesuai kebutuhan yang sudah dibuat atau direncanakan sebelumnya. Kerapkali kita hanya memuaskan keinginan, padahal hal tersebut belum tentu kita butuhkan.

Ada baiknya membuat catatan harian untuk setiap pengeluaran dan pemasukan keuangan kita, agar bisa terawasi dan tepantau.

 

3. Zakat, Infaq, Sedekah

Sisihkan setidaknya 2,5% dari gaji kita untuk zakat. Lebih baik lagi ditambah dengan infaq dan sedekah. Berbagi dengan sesama akan membuat diri kita bahagia dan senang. InsyaAllah gaji yang kamu dapat akan lebih berkah dan bermanfaat buat orang lain.

 

4. Menabung

Sebelum menggunakan uang gajimu untuk keperluan lain, ada baiknya pisahkan dulu untuk tabungan. Cara seperti ini bisa kamu lakukan untuk menekan pengeluaran yang tidak kamu butuhkan.

 

5. Coba Investasi

Salah satu ciri orang yang berhasil dalam mengelola keuangannya adalah berusaha membuat uangnya bertambah banyak. Bisa dengan cara berwirausaha atau coba investasi.

Sekarang ini investasi cukup mudah, kamu bisa coba investasi reksadana, hanya butuh 100ribu rupiah kamu sudah bisa ikutan investasi. Bahkan sekarang sudah ada yang jenisnya reksadana syariah.

Atau kamu bisa coba investasi logam mulia, tapi tetap diperhatikan zakat nya yaa sobat cerdas.

Kamu juga bisa gunakan formula 40-30-20-10.

  • Alokasikan 40% gaji untuk biaya hidup dan pengeluaran bulanan rutin yang pokok.
  • Alokasikan 30% gaji untuk membayar cicilan, misal cicilan rumah, kendaraan, atau hutang-hutang yang lain. Prioritaskan penyelesaian hutang pertama lebih dulu, jangan menambah hutang sebelum lunas.
  • Alokasikan 20% gaji untuk tabungan atau investasi.
  • Jangan habiskan semua gaji untuk kebutuhan pribadi, jadi 10% dari gaji sobat cerdas salurkan untuk kebaikan, terutama zakat, lalu infaq dan sedekah.

Gunakan tips di atas untuk mengelola uang gaji kamu, semoga bermanfaat ya. (df/berbagai sumber)

 

Penulis: Dita F.Alverina

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here