di rumah aja

Ngaderes.com – Berapa lama lagi kita harus di rumah aja? Nampaknya pertanyaan itu yang seringkali muncul dibenak kita. Ditengah pandemi global Covid-19 yang juga belum berahir, beberapa diantara kita sudah mulai merasakan kejenuhan saat harus pula berjuang dengan cara berdiam diri di rumah.

Namun hal ini tidak boleh menyurutkan semangat kita agar bertahan di rumah aja. Di rumah aja berarti membantu memutuskan penyebaran Covid- 19 secara masif agar wabah ini mudah ditangani para medis dan pemerintah dengan lebih cepat. Maka bertahan di rumah aja menjadi penting bagi semua.

Ditengah aktivitas utama semisal pekerjaan yang harus diselesaikan di rumah. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghalau kebosanan saat harus di rumah aja

Atur mindset mu

Di rumah juga bisa semenyenangkan beraktivitas dirumah. Bayangkan jika kamu di rumah aja kamu bisa melakukan dan mengatur semuanya semaumu. Bukannya itu hal yang menyenangkan. Nikmati hari – hari yang berbeda jika biasanya setiap hari kamu harus meninggalkan rumah dipagi hari.

Kamu bisa mengatur waktumu lebih flexibel dengan aktivitas yang kamu pilih. Menghirup udara pagi sambil berjemur mengawali pagi hari misalnya atau aktivitas kecil lainnya yang luput kamu lakukan jika harus segera bergegas untuk pergi ke kantor.

Buatlah agenda harian yang akan kamu lakukan

Agenda harian ini berguna sebagai panduan kamu selama di rumah aja. Jangan sampai aktivitas yang prioritas terabaikan, aktivitas lain yang sifatnya mendukung malah menjadi utama. Kamu bisa mengatur jamnya sesuai kebutuhanmu.

Lakukan hobi yang selama ini tertunda karena kesibukan

Melakukan hobi akan menimbulkan rasa bahagia. Ada banyak hobi yang kamu bisa kembali tekuni selama dirumah aja. Kamu bisa melanjutkan hobi yang biasa kamu lakukan. Juga tidak ada salahnya mencoba hobi baru. Diantaranya: membaca buku, bermain musik, memasak, membuat DIY, mengasah skill make up, hingga menonton film. Berikan hadiah untuk dirimu sendiri jika sudah melakukan kewajiban inti selama dirumah aja.

Buat hobi menjadi karya

Hobi menyanyi bisa mengarahkan kamu membuat cover musik. Jika anda senang membaca buku, saatnya dirumah aja kamu menelurkan karya berupa novel masterpiece. Banyak karya yang sebetulnya bisa kita arahkan dari hobi kita. Ini tergantung dari niat kita atau tidak dalam mecoba membuat karya.

Merencanakan kegiatan kebersamaan bersama keluarga

Semisal bergotong royong membersihkan rumah atau memasak bersama hingga berolahraga bersama di rumah. Melakukan permainan yang bisa mendekatkan hubungan antara sesama anggota keluarga. Setiap harinya kamu bisa melakukan eksperimen dengan mengisi kegiatan kebersamaan yang lebih variatif.

Perbaiki dan tingkatkan ibadahmu selama di rumah aja

Pastinya diantara semua aktivitas, di rumah aja bisa jadi sarana kamu untuk lebih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Moment Covid – 19 ini sarana agar kita lebih menggantungkan diri kepadaNya. Kita mulai bisa bermuhasab diri dengan melihat kondisi yang kini tengah terjadi.

Pun termasuk bermuhasabah pada diri pribadi dengan terus memperbaiki diri dengan solat di awal waktu, mengaji Al Quran, menghafal ayat dan membaca buku – buku atau pun media sosial yang bisa menambah pengetahuan kamu tentang agama. Dengan begitu insyallah akan timbul ketenangan jika kita semakin berlindung pada yang Maha Melindungi.

Covid -19 ini juga menjadi moment kita untuk bisa berbagi dengan sesama. Kamu bisa ikut program sosial atau donasi yang banyak digalakkan oleh yayasan atau komunitas. Meski di rumah aja, kamu tetap bisa beramal dari rumah.

Enam hal itu, bisa kamu siasati untuk menghabiskan hari – harimu saat di rumah. Di rumah aja nyatanya bisa membuat kamu lebih maju dengan cara – cara yang mengasyikan. Bisa jadi harimu  dirumah aja mampu mendorong kita untuk jauh lebih baik lagi. Selamat mencoba!

“Barangsiapa lebih baik dari hari kemarin maka ia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa hari ini lebih jelek dari hari kemarin maka dia orang yang terlaknat .”

(Ali Bin Abi Thalib)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here