Rujak Segar
Ngaderes.com – Menu buah memang cocok sekali sebagai asupan dalam program diet. Apalagi jika diracik menajdi rujak segar. Selain rasanya yang segar, buah-buahan juga kaya akan vitamin dan serat. Tentunya dengan mengkonsumsi buah-buahan bisa membantu menutrisi kulit. Kandungan seratnya pun bisa membantu memperbaiki proses pencernaan.

Nah kali ini penulis menemukan salah satu penjual rujak yang recommended banget buat para pecinta cemilan sehat. Penjual rujak ini menjajakan barang dagangannya dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Setiap harinya penjual rujak ini start dari Jalan Garuda-Rajawali-Kebon Jati hingga Matahari Departement Store yang berada di Jl. Pasir Kaliki. Kemudian putar arah lagi ke Jl. Garuda.

Bisnis yang baru dirintis selama satu minggu ini bisa menghabiskan 30 bungkus setiap harinya.

“Ya baru satu minggu sih saya di sini non, tapi yah lumayan pada suka orang sini,” ungkap sang penjual rujak, Agus saat ditemui Senin (16/09/2019) pagi.

Rujak Ini Berbeda

Menariknya rujak dari tempat ini adalah dari segi ukuran dan rasa buah-buahannya. Dari informasi yang didapat penulis, penjual mendapatkan buah-buahan ini di pasar Caringin Bandung.

Selain itu juga penjual ini memiliki cara penyajian berbeda guna bisa menarik perhatian pembeli. Puluhan buah mangga segar dan menggoda ditata rapih sebanyak empat tumpukan. Sedangkan buah yang lainnya disimpan di dalam etalase kaca bersama es batu.

Untuk bumbu sendiri, penjual mengolahnya langsung di rumah dengan menumbuk gula jawa dan cabai. Penjual yang sebelumnya membuka lapak di daerah Jakarta ini selalu menyajikan bumbu yang lebih kumplit. Namun karena penjual belum bisa menemukan tempat bahan yang lengkap di Bandung, maka penjual hanya menyajikan bumbu yang tersedia saja.

“Iya bikin, beli gulanya aja tumbuk dengan cabe. Saya biasanya kalau di Jakarta kumplit non. Ada pisang batunya, ada asemnya, ada kacangnya tapi di sini mah saya kurang tau tempatnya. Padahal kalau di Jakarta yang beginian bikin kecanduan. Saya coba cari bumbunya di pasar katanya engga ada yang begini yang biasa saya pakai di Jakarta,” ujarnya dengan logat jakartanya.

Rujak Segar Rasa Menggelegar

Penampilan memang tidak pernah mengkhianati rasa. Satu porsi rujak yang berisi buah-buahan dengan ukuran besar seperti jambu air jamaika, mangga cengkir, pepaya, nanas madu, dan bengkuang sungguh menyajikan sensasi segar di mulut.

Tesktur dari daging jambu yang tebal dan lembut membuat penulis menikmati setiap gigitannya. Belum lagi tekstur bengkuang yang renyah menimbulkan suara kriuk. Mangga cengkir yang digunakan juga rasanya enak karena tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu asam. Terakhir tekstur dari nanas dan pepayanya sangat segar, berbeda dengan rujak di tempat lain yang biasa menyajikan dengan bentuk agak lembek.

Untuk bumbu sendiri teksturnya memang kental karena proses pembuatannya hanya menambahkan sedikit air. Sehingga rujak ini lebih cocok disajikan dalam keadaan terpisah. Namun bila ingin dicampur juga boleh-boleh saja. Namun lama-lama bumbu akan mencair seperti kuah yang berwarna coklat. Tapi hal itu tidak mengurangi rasanya ko.

Satu hal lagi pembeli dapat menambahkan taburan garam yang sudah dicampur dengan cabai. Penambahan ini menghasilkan perpaduan rasa yang berbeda. Ada segar, manis, pedas dan gurih dalam mulut.

Dijamin deh camilan sehat ini membuat para pembaca ngiler kan? Ayo ngaku… Jika ingin memebeli rujak ini cukup pantengin aja di sekitar Jl. Garuda pada jam 7-10 pagi Waktu Indonesia Barat.

Pastinya cocok banget buat para karyawan kantor atau siapapun itu. Untuk harga tidak usah khawatir, satu porsi hanya dibanderol dengan Rp.10.000 saja. Buah cengkir yang dijajakan oleh penjual pastinya bakal menghipnotis para pembaca dari jarak jauh.

Reporter: Diaz
Editor: Intan Resika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here