“PPKM yang diperpanjang, belum lagi lonjakan penularan Covid yang cukup tinggi. Juga kondisi lain yang serba membatasi bahkan menyulitkan bagi semua orang. Mudah-mudahan tidak melemahkan fisik dan mental kita untuk menghadapi keadaan sulit ini bersama -sama. Terlebih lagi di momen menjelang Hari Raya Idul Adha,’ungkap Kang Jafar , Ketua Umum Komunitas Global Orbit Indonesia saat diwawancarai pada Minggu (18/07/2021).

Ngaderes.com- Semangat berbagi nampak tak surut bagi sejumlah pemuda yang bergerak memberikan kontribusi untuk lingkungan ditengah pandemi saat ini. Dengan segala keterbatasan yang ada, komunitas kreatif anak muda yang tergabung dalam Global Orbit Indonesia bahu membahu mengajak siapa pun masyarakat untuk mau berbagi. Dan  memberikan dampak untuk sekitar.

Melalui program Qurban Nusantara, komunitas Global Orbit Indonesia yang mengajak seluruh masyarakat di Indonesia untuk berkurban dan menyebarluaskan daging kurban secara merata pada Idul Adha 1442H ini.

Agar lebih terasa merata manfaatnya bagi semua orang, nantinya daging kurban ini akan disalurkan pada titik-titik yang sudah ditentukan penyebarannya. Terutama bagi yang minim secara lokasi maupun ketersediaan hewan kurban di wilayah tersebut. Terdapat 10 titik yang menjadi target penyebarluasan, yakni daerah Ciporeot, Ciburial, Parongpong, Majalaya,  Batam, Lamongan, Pati, Solo, hingga Karawang hingga Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam Qurban Nusantara ini terdapat tiga kanal atau pilihan partisipasi yang bisa semua lapisan masyarakat pilih.

Pertama, masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah kurban, namun bingung dalam mencari hewan kurban, Qurban Nusantara menyediakan kanal untuk pembelian hewan kurban. Bekerja sama dengan peternak-peternak yang menjual hewan kurban yang ada.

Kedua,bagi yang ingin melaksanakan kurban, namun belum cukup rezekinya, bisa tetap memberikan sedekah melalui Qurban Nusantara. Kanal dinamakan sedekah kurban atau patungan kurban yang nantinya akan dibelikan hewan kurban disembelih atas nama satu orang dan kemudian disalurkan. Di kanal ini, siapa pun bisa ikut berbagi menyumbangkan uang dengan nominal jumlah mulai dari pop up Rp 10.000,00 hingga nominal tergantung dari kontribusi masyarakat, juga mahasiswa pun bisa ikut serta bersama -sama mengikuti kanal ini.

Ketiga,masyarakat juga bisa ikut berkontribusi melalui kanal untuk alokasi bantuan untuk operasional kurban untuk penyembelihan penyaluran hewan kurban.

Muhamad Jafar atau biasa disapa Kang Jafar, Ketua Umum Komunitas Global Orbit Indonesia mengatakan dengan adanya  program ini, semoga makin banyak lagi masyarakat termasuk para pemuda untuk semakin semangat berbagi baik harta, jiwa maupun waktu kita, tidak terbatas dengan kondisi.

Kang Jafar juga berharap agar masyarakat tetap memperhatikan saudara-saudara yang ada di sekitar dan lingkungan kita “Karena siapa yang paling dekat dengan kita itu ada di kanan dan di sisi kiri kita,” ucap Kang Jafar.

Selain itu, program Qurban Nusantara ini juga berupaya untuk mensyiarkan atau menyebarluaskan keutamaan berkurban pada hari Idul Adha. Agar semakin banyak masyarakat yang paham mengenai esensi dari berkurban itu sendiri.

 

 

Penulis: Syahida Inayatullah

Editor: Redaksi

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here