Gunung Nini Pangalengan
Foto: IndoSky.net

Ngaderes.com – Pangalengan sebenarnya punya banyak destinasi wisata keren selain Situ Cileunca atau pemandian air panas Cibolang yang selama ini kerap dielukan sebagai tempat wisata wajib bagi wisatawan. Sebut saja Gunung Nini Pangalengan, bukit yang asik buat berkemah ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah, tapi juga suasana perkebunan teh Malabar.

Menurut cerita warga sekitar, dahulu Gunung Nini merupakan tempat istirahat Tuan Bosscha. Saat berkeliling dan mengontrol perkebunan tehnya, Tuan Boscha sering bertemu dengan nini-nini (nenek) yang sedang beristirahat dengan cucunya. Keindahan perkebunan teh Malabar dapat dinikmati dari atas “saung” yang berada di ujung Gunung Nini, sembari berkemah, berfoto dan makan bersama orang-orang tersayang.

Gunung Nini terletak tidak jauh dari pemandian air panas Cibolang. Jika ke pemandian air panas Cibolang dari pintu gerbang Malabar belok kiri, maka untuk menuju ke Gunung Nini kita belok ke kanan. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan kebun teh yang luas dan hijau. Sebelum mencapai Gunung Nini, kita akan mendapati makam Boscha yang berada di sebelah kiri jalan.

Tidak lebih dari setengah jam waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Gunung Nini dari gerbang Malabar. Setelah melewati makam Boscha lalu kita hanya perlu lurus hingga pertigaan, kemudian belok kanan dan lurus lagi sampai menemukan jalan berbatu di sebelah kiri.

Itulah jalan menuju ke Gunung Nini. Perjalanan yang melelahkan akibat akses jalan yang berbatu dan naik turun akan terbayar dengan pemandangan indah pesona alam puncak Gunung Nini.