• Sabtu, 25 Juni 2022

4 Alasan Pentingnya Bersikap Bodo amat

- Sabtu, 13 November 2021 | 00:30 WIB
pexels-inzmam-khan-1134204
pexels-inzmam-khan-1134204

Opini - Baru-baru ini, kita sering mendengar tentang mental health yang dapat didefinisikan sebagai kesehatan mental atau cerminan dari seberapa sehat kita dalam menghadapi permasalahan dan kritikan yang ditujukan kepada kita. Jadi apa penting bersikap bodo amat? Banyak sekali komentar tentang apa yang kita lakukan dan sangat mengganggu untuk didengar. Oleh karena itu, ketika ada yang mengomentari tentang kehidupanmu sebaiknya ambil saja yang sekiranya bermanfaat dan acuhkan sisanya. Berikut adalah alasan kenapa kamu perlu bersikap bodo amat :  

1.  Orang Lain itu Cuma Kepo dan Ga Bener-Bener Peduli

-
Sumber : Freepik.com Sebagai makhluk sosial yang tentunya sangat membutuhkan interaksi sosial seperti mengobrol, bercanda, dan meminta tolong kepada orang lain. Namun, bukan berarti apa yang dibicarakan oleh lawan bicara kita selalu benar, kita harus memilih dan memilah mana orang-orang yang dapat berdiri di samping kita dengan baik bukan semata-mata karena hanya mengenalnya. Jadi, kita harus menyingkirkan sesuatu yang sebenarnya buruk untuk diri kita, karena mungkin aja mereka mendekati kita itu karena ada butuhnya saja.  

2. Kita Bertanggung jawab Penuh atas Pengendalian Diri

-
Kebebasan (Sumber: Freepik.com) Kebebasan dan emosi dalam diri kita tuh sebenernya bisa banget untuk ditentuin dari diri kita sendiri. Kita terlalu peduli sama hal-hal yang sebenernya gak penting seperti : “Tadi gue digibahin apa ya”, ”Gimana ya opini mereka tentang gue”, ”Gue jelek banget ga ya?”. Hal-hal yang kayak gitu sebenarnya gak penting untuk dipikirkan, apalagi kita ga kenal mereka. Terus caranya gimana? Ya bodo amat-in aja kalo ada pikiran negatif kayak gitu, kalo memang beneran ada yang ngomong kayak gitu ya diamkan saja karena memang gak penting. Orang-orang bahagia itu orang yang mampu cuek sama hal-hal yang gak penting.

3. Menghindari Overthinking

-
Overthinking (Sumber: Freepik.com) Manusia tuh kalo ngomong kadang memang seenak lidahnya saja. Mereka gak sadar kalo omongan itu bisa nyakitin dan membuat sebal bagi orang lain. Selain itu, omongan yang tidak tepat itu bisa banget menghancurkan motivasi dan membuat overthinking. Kita bisa jadi takut buat mengambil suatu langkah karena omongan mereka. Bersikap bodo amat akan membantu kita untuk berfokus pada diri sendiri. Kegagalan memang akan selalu ada, tetapi kita perlu mencobanya. Karena lebih baik gagal dan sudah pernah mencoba, daripada gagal karena tanpa pernah mencoba sama sekali.  

4. Menjadi Diri Sendiri

-
Mencintai Diri Sendiri (Sumber: Pixabay.com) Kita tuh perlu untuk hidup sesuai dengan jalan yang memang kita pilih untuk diseriusi tanpa mengikuti standar milik orang lain. Mengikuti standar orang lain secara berkelanjutan akan menghilangkan jati diri dan kurang mencintai diri sendiri. Oleh karena itu, kita harus memiliki sifat bodo amat terhadap ocehan orang-orang yang sebenarnya hanya menjadi sampah untuk pikiran kita. Dengan cara ini kita akan menjalani hidup lebih nyaman dan tentram. Hidup tidak lagi terlalu terbebani oleh standar yang dibuat orang lain. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu untuk mengurangi rasa yang mengganjal di dalam pikiran dan membuang energi negatif yang memang seharusnya tidak ada dalam tubuhmu. Yang paling penting, tetaplah menjadi diri sendiri. Penulis: M.Rizki Alfaridzi/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Antitesis Kebebasan : Batasan

Rabu, 23 Maret 2022 | 20:26 WIB

Kematian Terindah

Selasa, 8 Maret 2022 | 11:53 WIB

Tren Tiktok Unboxing by Husband Dikecam Netizen

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:16 WIB

Iman, Sudahkah Ia Tertanam dalam Hati?

Sabtu, 18 Desember 2021 | 09:49 WIB

Cara Bijak Menyambut Tahun Baru 2022

Sabtu, 11 Desember 2021 | 03:30 WIB

4 Alasan Pentingnya Bersikap Bodo amat

Sabtu, 13 November 2021 | 00:30 WIB

Catatan Pendek pada Hari Pahlawan

Rabu, 10 November 2021 | 17:20 WIB

Peristiwa Pasca Deklarasi Sumpah Pemuda

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:41 WIB

Jika WhatsApp Musnah dari Kehidupan Manusia

Selasa, 5 Oktober 2021 | 14:54 WIB

Unpredictable, Mendadak Harus Liputan Bersama Anakku

Kamis, 18 Februari 2021 | 13:06 WIB

Refleksi atas Ujaran Kebencian Kala Kang Jalal Tiada

Rabu, 17 Februari 2021 | 09:23 WIB

Bijak Bermedia Sosial

Senin, 8 Februari 2021 | 15:53 WIB
X