Magic! Puasa Ramadhan Bisa Mengubah Pola Hidup

- Senin, 27 Mei 2019 | 02:17 WIB
sahur di bulan ramadhan
sahur di bulan ramadhan

Bicara soal keuntungan puasa Ramadhan, pasti akan selalu menarik ya. Khususnya bagi orang yang mengerjakanya. Saat mengetahui manfaat menjalankan puasa Ramadhan, kan kita akan lebih senang menjalankannya. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika berpuasa Ramadhan adalah kemampuan untuk meluruskan kebiasaan atau merubah pola hidup menjadi lebih baik.

Apa saja sih kebiasaan yang berubah di bulan Ramadhan?

  1. Kebiasaan Sahur
Jika sebelum bulan Ramadhan biasanya umat muslim baru bangun tidur saat hendak menunaikan shalat subuh, maka di bulan Ramadhan umat muslim dibiasakan untuk bangun sebelum subuh. Di waktu sahur atau sepertiga malam, salah satu waktu yang mustajab untuk meminta kepada Allah. Jika kebiasaan itu dilanjutkan di bulan-bulan selanjutnya, maka bisa kita manfaatkan untuk menunaikan shalat tahajjud, shalat hajat ataupun untuk berdzikir.
  1. Tidak Ada Sarapan Pagi
Kalau biasanya sarapan di pagi hari dilakukan sebelum beraktivitas, di bulan Ramadhan, tidak ada lagi rutinitas ini. Karena waktu makan pagi bergeser ke waktu sepertiga malam, yaitu saat sahur. Walaupun waktu makanya berbeda, tapi manfaatnya juga sama loh. Makan sahur di jam 3 hingga sebelum adzan shubuh berkumandang, bisa membuat tubuh kita kuat seharian untuk beraktivitas. Terus waktu paginya diisi kegiatan apa dong kalau gak sarapan? Nah kamu bisa memanfaatkan waktu pagi untuk baca Quran, baca buku dan dan aktivitas lainnya yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Atau bisa juga kamu gunakan untuk bersih-bersih diri, rumah dan lingkungan sekitar.
  1. Tidak Ada Makan Siang
Waktu makan siang biasanya dilakukan saat istirahat, bersamaan dengan waktu istirahat untuk menunaikan shalat dzuhur. Nah.. karena saat puasa Ramadhan kita tidak makan di siang hari, waktu istirahat yang kamu punya bisa kamu manfaatkan untuk shalat sunnah 2 rakaan sebelum shalat dzuhur dan shalat sunnah 2 rakaat setelah shalat dzuhur. Bermanfaat bukan?
  1. Makan Malam Saat Berbuka Puasa
Kebiasaan yang satu ini mungkin hampir tidak ada yang berbeda dari hari-hari sebelum puasa Ramadhan, di luar Ramadhan pun kita sering melakukannya. Biasa orang menyebutnya dinner atau makan malam.
  1. Shalat Tarawih
Spesial di bulan Ramadhan, umat muslim menunaikan shalat sunnah tarawih selepas solat isya ditunaikan. Inilah salah satu ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan. Secara tidak langsung, shalat tarawih membuat kita semakinterbiasa untuk shalat berjamaah di masjid. Training shalat jamaah yang bagus bukan untuk bulan-bulan selanjutnya?
  1. Tadarus Al Quran
Kebiasaan baca Al Quran dan mempelajarinya (tadarus) lebih sering dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan dibanding pada bulan-bulan lainnya. Bersama datangnya Ramadhan, kebiasaan tadarus akan semakin terasah. Dengan tadarus Al Quran, ilmu seseorang tentu akan bertambah, dan jika ilmu tersebut diamalkan, maka bertambah pulalah kualitas dirinya.

Pertahankan atau Tinggalkan

Itu dia beberapa pola hidup umat muslim yang berubah saat bulan Ramadhan. Tentunya ada banyak hal baik dari perubahan pola hidup tersebut. Tinggal kita yang memilih sikap setelah bulan Ramadhan itu habis. Apakah akan meninggalkan atau mempertahankan kebiasaan itu? Kalau kamu?    

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Setruman Negatif Media Sosial Terhadap Mental Remaja

Minggu, 5 Februari 2023 | 12:00 WIB

Peran Kekayaan Intelektual Terhadap Ekonomi Indonesia

Senin, 23 Januari 2023 | 14:10 WIB

Mahasiswa Keren Sebagai Agen Perubahan

Minggu, 1 Januari 2023 | 16:33 WIB

Berjuang Kawan! Sejuta Harapan Menantimu

Minggu, 25 September 2022 | 15:00 WIB

Mengenal Literasi Lewat Karya Sastra

Sabtu, 24 September 2022 | 09:00 WIB

Bukan Tentang Privilege Tetapi Tentang Mindset Sukses

Rabu, 21 September 2022 | 10:30 WIB

Pemuda Milenial Ala Rasulullah SAW

Senin, 12 September 2022 | 10:00 WIB

Pramuka dan Bingkai Kebudayaan Lokal

Rabu, 13 Juli 2022 | 21:45 WIB

Antitesis Kebebasan : Batasan

Rabu, 23 Maret 2022 | 20:26 WIB
X