Olahraga Saat Puasa
Sumber: freepik.com

TipsOlahraga saat berpuasa kedengarannya seperti ‘menakutkan’ bagi beberapa orang, bahkan banyak yang menghindarinya. Namun pola hidup sehat harus selalu diterapkan meski kita sedang menjalani  puasa, iya gak sih ngaderes mania?

Bulan suci Ramadan mewajibkan umat muslim untuk berpuasa dari terbit fajar sampai tenggelam matahari. Selama hampir 12-13 jam tubuh kita tidak dimasuki makanan atau minuman apapun. Hal inilah yang membuat seringkali orang bertanya-tanya, apakah aman jika melakukan olahraga ketika sedang berpuasa? Faktanya melanjutkan rutinitas olahraga selama Ramadan tidak menimbulkan resiko kesehatan loh.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat olahraga selama berpuasa. Yaitu dengan memerhatikan waktu dan jenis olahraga yang dilakukan. Jadi kapan waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadan?

  • 90 menit sebelum matahari terbenam
  • Setelah makan malam/setelah isya
  • 30 menit sebelum waktu makan sahur

Selain pemilihan waktu yang tepat, jenis olahraga yang dilakukan juga harus tepat. Pilih jenis olahraga yang ringan dengan intensitas rendah. Berikut 5 jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama berpuasa.

  1. Yoga

Yoga tidak membutuhkan gerakan yang menguras tenaga. Itu sebabnya yoga menjadi olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa. Prosesi yoga yang menitikberatkan pada latihan teknik pernapasan akan membantu proses pemasokan oksigen ke otak dan membantu kita untuk tetap berpikiran jernih, tenang dan nyama selama berpuasa.

Yoga juga membantu proses detoksifikasi tubuh lebih maksimal. Lakukan yoga selama 15-30 menit pada sore hari sebelum berbuka puasa.

  1. Jogging ringan

Jogging atau berjalan santai dengan intensitas ringan sangat baik dilakukan saat berpuasa. Jogging bisa kita lakukan beberapa jama setelah sahur atau sore hari sebelum waktu istirahat. Jogging di pagi hari membuat kita terhindar dari rasa lelah atau lesu berlebih, karena masih banyak energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur.

Lakukan joggin ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun tetap pertahankan intensitas jogging ringat untuk mencegah dehidrasi berlebihan.

  1. Jalan-jalan santai

Jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk jogging, jalan santai bisa menjadi alternatif. Jalan-jalan santai sangat bagus untuk kesehatan otot jantung dan tulang belakang. Namun, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti pada sore hari menjelang buka puasa, sambil ngabuburit bisa lah ya, hehe.

  1. Bersepeda

Bersepeda belakang menjadi salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Olahraga ini sangat mengasyikkan, apabila jika dilakukan bersama-sama dengan teman atau keluarga. Bersepeda 30 menit sebelum waktu berbuka puasa dapat meningkatkan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, dan tentunya meredekan stress setelah lelah seharian beraktivitas.

  1. Latihan Beban

Latihan beban saat puasa emang bisa? Bisa dong, tapi ingat pilih beban yang tidak terlalu berat ya. Lakukan angkat beban secara perlahan agar otot tidak kram. Atau bagi perempuan bisa lakukan sit up dan push up dengan diperhatikan intensitas dan pengeluaran energinya. Kamu bisa melakukannya di rumah saat sore hari menjelang puasa atau sebelum tidur.

Kamu boleh berolahraga di bulan Ramadan, tetapi usahakan untuk memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat. Tubuh kita juga butuh waktu untuk beradaptasi dengan jam olahraga baru selama Ramadan, mungkin sekitar 7-10 hari.

Yang penting adalah mengikut pola olahraga yang lebih ringan selama proses adaptasi itu dan sangat dianjurkan jangan berolahraga lebih dari 60 menit selama kita berpuasa. (dita/berbagai sumber)

Penulis: Dita F.Alverina

Editor: Redaksi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here