negeri dan bangsa yang musnah
Foto: pixabay.com

Ngaderes.com – Pengertian Negeri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan tanah tempat tinggal suatu bangsa. Adapun bangsa merupakan suatu kelompok masyarakat yang sama asal keturunannya, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta memiliki pemerintahan sendiri.

Ada begitu banyak bangsa yang Tuhan ciptakan di dunia ini sejak penciptaan manusia pertama, Nabi Adam alaihi salam. Berbagai bangsa tersebut kemudian tersebar di seluruh penjuru dunia. Namun tercatat dalam sejarah, beberapa negeri dan bangsa di dunia yang musnah.

Beberapa diantaranya yang masyhur diberitakan dalam Al Quran adalah bangsa dari kaum Nabi Nuh, kaum ‘Ad dari bangsa Nabi Hud, Kaum Tsamud dari bangsa Nabi Shalih, kaum Nabi Luth dan penduduk Madyan dari kaum Nabi Syu’aib. Bagaimana negeri dan bangsa ini bisa musnah?

Bangsa dari Kaum Nabi Nuh

Kaum Nabi Nuh musnah dengan cara ditenggelamkan. Waktu itu, atas kuasa Allah, tanah-tanah di bumi yang dihuni oleh kaum Nabi Nuh memancarkan air dalam volume yang banyak. Langit pun turut menambah volume air di bumi dengan hujan yang turun atas perintah Allah. Qur’an dalam surat Hud menggambarkan bagaimana mengerikannya situasi saat itu.

Sebuah kapal besar yang ditumpangi Nabi Nuh, orang-orang beriman serta hewan-hewan berlayar membawa mereka ke dalam gelombang air laksana gunung-gunung. Gelombang air tersebut terbentuk dari air yang keluar dari dalam tanah dan langit secara terus menerus. Hingga air bah tersebut menenggelamkan satu generasi manusia hingga musnah.

Kaum ‘Ad dari bangsa Nabi Hud

Singkat cerita, masih dari Qur’an surat Hud, kali ini di ayat 58. Kaum ‘Ad menjadi generasi yang Allah musnahkan pada zamannya. Bagaimana kaum ‘Ad ini musnah, tidak dijelaskan secara rinci dalam surat tersebut. Namun musnahnya Kaum ‘Ad kemudian melahirkan kaum yang lain di generasi selanjutnya.

Kaum Tsamud dari bangsa Nabi Shalih

Kaum Tsamud musnah karena sebuah suara yang mengguntur menimpa mereka. Suara guntur itu sampai membuat mereka mati bergelimpangan di rumahnya. Bahkan Al Qur’an surat Hud ayat 68 memberitakan, musnahnya generasi manusia dari Kaum Tsamud seolah-olah mereka belum pernah tinggal di negeri itu.

Kaum Nabi Luth

Kaum Nabi Luth yang dikenal dengan kaum sodom, pecinta sesama jenis, juga termasuk bangsa yang dimusnahkan. Saat itu, negeri yang dihuni kaum Sodom dijungkirbalikkan atas kuasa Allah dan mereka dihujani batu dari tanah yang terbakar secara bertubi-tubi. Hingga satu generasi tersebut pun musnah.

Penduduk Madyan dari kaum Nabi Syu’aib

Hampir serupa dengan cerita musnahnya kaum Tsamud, penduduk Madyan binasa oleh suara yang mengguntur. Sehingga mereka mati bergelimpangan di rumahnya. Seolah-olah mereka belum pernah tinggal di tempat itu.

“Itulah beberapa berita tentang negeri-negeri yang telah dibinasakan yang Allah ceritakan kepada Muhammad. Diantara negeri-negeri itu sebagian masih ada bekas-bekasnya dan ada pula yang telah musnah,” firman Allah dalam surat Hud ayat 100.

Penulis: Isyfa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here