• Minggu, 5 Februari 2023

Pemkot Bandung Resmikan Seke Buka Tanah untuk Lahan Konservasi dan Ruang Publik

- Jumat, 20 Januari 2023 | 10:00 WIB
Pemkot Bandung Resmikan Seke Buka Tanah untuk Lahan Konservasi dan Ruang Publik (bandung.go.id)
Pemkot Bandung Resmikan Seke Buka Tanah untuk Lahan Konservasi dan Ruang Publik (bandung.go.id)

ngaderes.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus membuka ruang terbuka hijau untuk publik. Tak hanya sebagai tempat wisata, pada peresmian kali ini Kamis, 19 Januari 2023, Seke Buka Tanah, Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujungberung juga berfungsi sebagai konservasi.

Dalam peresmiannya, seperti dilansir situs resmi Humas Kota Bandung, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, salah satu aset milik Pemkot Bandung ini bisa mendatangkan manfaat ekosistem untuk Kota Bandung.

Ia pun mengimbau untuk terus menginventarisasi kembali aset-aset Pemkot Bandung. Sehingga ruang publik bisa terus disediakan untuk masyarakat.

“Kami menitipkan tempat ini kepada pihak kewilayahan untuk menjaga sumber mata air yang juga sangat dirasakan manfaatnya oleh saudara-saudara kita di hilir. Sebab, tanpa mata air, hanya akan menjadi air mata,” ujar Yana.

Ia menargetkan, ada beberapa seke (mata air) lagi yang akan dioptimalkan kembali debit air dan ruang publiknya. Salah satunya di Talagapasir dan beberapa tempat lainnya.

“Karena memang dulu dari literatur yang kita baca, mata air di Kota Bandung ini semakin berkurang banyak. Beberapa faktornya terjadi karena dampak dari pembangunan," katanya.

Yana mengimbau masyarakat juga turut melestarikan mata air ini, sehingga bisa mendatangkan kebermanfaatan bagi anak cucu kelak.

"Semoga dengan hadirnya ruang publik ini bersama dengan konservasi seke, indeks kebahagiaan masyarakat bisa semakin meningkat,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Didi Ruswandi mengakui jika beberapa seke di Kota Bandung sudah mulai berkurang debit airnya bahkan telah hilang. Maka dari itu, pembangunan Seke Buka Tanah ini menjadi salah satu upaya Pemkot Bandung dalam konservasi alam.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: bandung.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Tewas dalam Ledakan Masjid di Pakistan

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:00 WIB
X