• Minggu, 5 Februari 2023

PM Selandia Baru Memutuskan untuk Mengundurkan Diri

- Kamis, 19 Januari 2023 | 12:20 WIB
PM Selandia Baru Memutuskan untuk Mengundurkan Diri (Ludovic Marin)
PM Selandia Baru Memutuskan untuk Mengundurkan Diri (Ludovic Marin)

ngaderes.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan 7 Februari 2023 akan menjadi hari terakhirnya menjabat dan dia tidak akan mencalonkan diri kembali tahun ini.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan dia akan mengundurkan diri bulan depan dan tidak akan mengikuti pemilihan umum tahun ini.

Sambil menahan air mata, Ardern mengatakan kepada wartawan di Napier pada Kamis (19/1/23) bahwa 7 Februari mendatang akan menjadi hari terakhirnya menjabat.

“Saya tidak pergi karena itu sulit. Seandainya itu terjadi, saya mungkin akan pergi dua bulan ke pekerjaan itu," katanya.

“Saya pergi karena dengan peran istimewa seperti itu, datanglah tanggung jawab, tanggung jawab untuk mengetahui kapan Anda adalah orang yang tepat untuk memimpin dan juga kapan Anda tidak. Saya tahu apa yang dibutuhkan pekerjaan ini dan saya tahu bahwa saya tidak lagi memiliki cukup tenaga untuk melakukannya dengan adil. Sesederhana itu, ”katanya.

Jacinda Ardern, yang menjadi perdana menteri dalam pemerintahan koalisi pada 2017, tampaknya akan menghadapi kampanye pemilihan yang sulit tahun ini.

Sementara Partai Buruhnya yang liberal memenangkan pemilihan ulang dua tahun lalu dalam proporsi yang bersejarah, jajak pendapat baru-baru ini telah menempatkan partainya di belakang saingan konservatifnya.

Dia dipuji secara global atas penanganan awal pandemi virus corona di negaranya setelah Selandia Baru selama berbulan-bulan berhasil menghentikan virus di perbatasannya.

Tetapi Selandia Baru meninggalkan strategi toleransi nolnya ketika varian baru muncul dan begitu vaksin tersedia.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: Al Jazeera AFP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Tewas dalam Ledakan Masjid di Pakistan

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:00 WIB
X