• Minggu, 5 Februari 2023

FIFA Menetapkan Wasit Internasional Wanita Pertama dari Arab Saudi

- Rabu, 11 Januari 2023 | 12:20 WIB
FIFA Menetapkan Wasit Internasional Wanita Pertama dari Arab Saudi (Arnd Wiegmann)
FIFA Menetapkan Wasit Internasional Wanita Pertama dari Arab Saudi (Arnd Wiegmann)

ngaderes.com - Anoud al-Asmari adalah satu dari delapan orang Saudi di panel internasional yang diumumkan oleh badan pengatur sepak bola dunia (FIFA).

Wasit internasional wanita pertama Arab Saudi ditunjuk oleh FIFA pada hari Kamis, (5/1/23), kurang dari setahun setelah tim nasional wanita kerajaan konservatif melakukan debut mereka.

Nama Anoud al-Asmari diterbitkan sebagai bagian dari daftar yang dirilis oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi. Dia adalah salah satu dari delapan orang Saudi di panel internasional yang diumumkan oleh badan pengatur sepak bola global, dan merupakan satu-satunya wanita yang termasuk.

Lencana internasional Al-Asmari adalah yang terbaru dari serangkaian langkah dalam sepak bola oleh orang kaya minyak Saudi, yang telah memikat Cristiano Ronaldo yang berusia 37 tahun ke Liga Pro Saudi dan sedang mempertimbangkan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Saya senang menjadi wasit wanita Saudi pertama yang menerima lencana internasional dalam sejarah olahraga Saudi," kata al-Asmari kepada kantor berita AFP.

Ditanya bagaimana perasaannya tentang memimpin pertandingan pria, al-Asmari, 34, mengatakan dia tidak akan memikirkannya sampai disetujui oleh FA Saudi.

Menurut Saudi Gazette, al-Asmari memulai karirnya sebagai wasit pada tahun 2018, ketika dia menilai serangkaian pertandingan untuk tim nasional wanita Saudi.

Lebih banyak peluang mulai terbuka bagi perempuan Saudi, termasuk olahraga, sebagai bagian dari reformasi yang dilakukan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Liga sepak bola wanita dimulai pada November 2021.

Tim nasional wanita Saudi pertama, yang dilatih oleh veteran Jerman Monica Stapp, mengalahkan Seychelles 2-0 dalam pertandingan resmi perdananya Februari lalu.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: Al Jazeera AFP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Tewas dalam Ledakan Masjid di Pakistan

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:00 WIB
X