• Rabu, 7 Desember 2022

Ajang G20 Dorong Percepatan Transformasi Digital di Indonesia

- Jumat, 18 November 2022 | 12:00 WIB
Ajang G20 Dorong Percepatan Transformasi Digital di Indonesia (indonesia.go.id)
Ajang G20 Dorong Percepatan Transformasi Digital di Indonesia (indonesia.go.id)

ngaderes.com - Presidensi G20 Indonesia berpotensi memperkuat kerja sama antara pemangku kepentingan dari berbagai negara. Sehingga, dapat mempercepat transformasi digital di tanah air semakin masif pada tahun-tahun mendatang.

"Dapat memperkuat hubungan, jadi semakin mudah dalam mengembangkan sektor transformasi digital," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Hary Budiarto, ketika memberikan keterangan pers pada Kamis (17/11/2022) dilansir dari situs indonesia.go.id.

Ada tiga isu yang dapat mendorong transformasi digital dalam negeri menjadi semakin masif yakni konektivitas digital dan pemulihan pascapandemi COVID-19. Kedua, literasi digital dan kecakapan digital. Ketiga, aliran data gratis dengan kepercayaan (Data free flow with trust) dan aliran data lintas batas (cross border data flow).

Menurut Hary, pertemuan G20 yang digelar telah membuka sejumlah komitmen kerja sama yang berkaitan dengan tiga isu tersebut. Sehingga, pada beberapa waktu mendatang banyak peluang yang dapat dimaksimalkan dalam mendukung transformasi digital pada berbagai sektor ke depan.

Dengan kerja sama, niscaya ego masing-masing dari pemangku kepentingan dapat terkikis. Sehingga mulai meningkatkan kesadaran mereka akan betapa pentingnya menjalin kerja sama di masa depan.

"Kita harus mengesampingkan ego dalam membangun kerja sama ke depan," kata Hary.

Ruang-ruang diskusi antar pemangku kepentingan dalam sektor digital pun harus seringkali diadakan. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan mampu berdampak positif terhadap ekosistem digital.

Kemudian, tema yang dibahas pun harus lebih spesifik yang berkaitan dengan transformasi digital dalam konteks kekinian. Dengan begitu, akan menjawab setiap persoalan yang berkaitan dengan transformasi digital di tanah air.

Terlebih penting, melalui diskusi spesifik akan memunculkan ide dan solusi yang dalam membuat percepatan transformasi digital. Melalui inovasi yang dihasilkan ketika diskusi telah selesai dilakukan oleh para pemangku kepentingan tersebut.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: Indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Kunci Sukses Kepemimpinan Ala Atalia Ridwan Kamil

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:00 WIB

Prancis Bersinar dalam Kemenangan 4-1 atas Australia

Rabu, 23 November 2022 | 12:30 WIB

Terpopuler

X