• Minggu, 29 Januari 2023

Dua Fly Over dan dan Underpass akan Bertambah di Kota Bandung

- Sabtu, 8 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Dua Fly Over dan dan Underpass akan Bertambah di Kota Bandung (bandung.go.id)
Dua Fly Over dan dan Underpass akan Bertambah di Kota Bandung (bandung.go.id)

ngaderes.com - Pemerintah akan membangun dua fly over dan Underpass di Kota Bandung. Dua fly over tersebut yaitu fly over Buahbatu-Kiaracondong dan Nurtanio (Jalan Pajajaran-Jalan Garuda).

Sedangkan dua underpass yang bakal dibangun yaitu di depan Gedung Sate simpang Gasibu saat turun dari Pasupati. Lalu satu lagi di Cibiru arah Jalan Soekarno Hatta.

Hal ini diungkapkan Satker PJN III Jabar Kementerian PUPR, Dedy Hariadi seusai acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Rabu, 5 Oktober 2022.

Ia mengatakan, semua itu dibangun untuk mengurai kemacetan di Kota Bandung.

"Rencana mau bikin dua fly over lagi, pertama di Buahbatu yang memangkas jalur Buahbatu dan Kiaracondong atau simpang samsat. Lalu, di Nurtanio untuk mengurai kemacetan dan membantu percepatan KCIC," jelasnya seperti dilansir dari situs resmi Humas Kota Bandung.

Untuk fly over Buahbatu akan dibangun sepanjang 2,4 km dengan struktur 1,4 km. Namun, saat ini masih menunggu pembebasan lahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Sedangkan untuk konstruksinya berada di bawah tanggung jawab Kementerian PUPR.

Dalam waktu dekat, Dedy mengatakan, fly over Nurtanio akan dibangun terlebih dahulu dari Jalan Pajajaran ke Garuda. Pengerjaan akan selesai pada quartal II tahun 2024. Estimasi pelaksanaan selama 14 bulan.

"Pendanaan Nurtanio, lahan dan kontruksi dari Kementerian PUPR. Anggaran pengadaan lahan Rp120 miliar. Sedangkan biaya konstruksi sebanyak Rp175 miliar," paparnya.

Panjang fly over ini akan mencapai 937 m dengan bentang konstruksi sepanjang 210 m.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: bandung.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Spotify Akan Memberhentikan 6% Karyawannya

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:20 WIB

Kota Bandung Panen Raya Perdana Bawang Merah

Minggu, 22 Januari 2023 | 10:47 WIB

PM Selandia Baru Memutuskan untuk Mengundurkan Diri

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:20 WIB
X