• Rabu, 7 Desember 2022

Peringkat Pariwisata Indonesia Naik Pesat Lampaui Thailand dan Malaysia

- Kamis, 29 September 2022 | 12:00 WIB
Peringkat Pariwisata Indonesia Naik Pesat Lampaui Thailand dan Malaysia (Ilustrasi Canva)
Peringkat Pariwisata Indonesia Naik Pesat Lampaui Thailand dan Malaysia (Ilustrasi Canva)

ngaderes.com - Peringkat pariwisata Indonesia kini berada di urutan 32, dari sebelumnya di 44. Capaian itu melampaui sejumlah negara tetangga, termasuk Thailand dan Malaysia.

Melansir dari situs resmi indonesia.go.id. Peringkat pariwisata Indonesia naik pesat pada 2022. Hanya dalam waktu 18 bulan, peringkat wisata Indonesia melesat ke urutan 32, dari sebelumnya di urutan 44. Dengan naik 12 peringkat, untuk pertama kalinya Indonesia yang merupakan dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) 2021, berada di atas Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Data peringkat itu baru dirilis World Economic Forum pada Mei 2022. "Kenaikan 12 peringkat ini kita capai dengan backdrop pandemi Covid-19 yang kita lalui dan begitu banyak kendala," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (30/5/2022).

Sedangkan di kawasan Asia Pasifik, sektor pariwisata Indonesia berhasil menempati peringkat delapan. Disampaikan Sandiaga, di ASEAN posisi ini berhasil melampaui capaian negara-negara tetangga, termasuk Thailand dan Malaysia.

"Asia Pasifik, ini adalah kinerja sektor pariwisata tertinggi kedua di dunia, dan Indonesia ada di posisi yang luar biasa," tuturnya.

Sandiaga mengapresiasi capaian yang terjadi di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19 dan anggaran yang terus dikurangi. Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan, pihaknya akan terus mempelajari indikator-indikator guna meningkatkan prestasi di tahun mendatang.

Kenaikan peringkat ini lantas turut memengaruhi citra pariwisata Indonesia di mata dunia. Hal itu dapat memacu kebangkitan ekonomi, kebangkitan pariwisata, terbukanya peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang semakin baik.

“Dengan peningkatan dari TTCI kita ke peringkat 32 di atas Thailand dan Malaysia, ini menunjukkan Indonesia sebagai destinasi yang prioritas untuk berinvestasi," tuturnya.

Sandiaga melanjutkan, Indonesia punya sejumlah keunggulan yang sudah ditransformasikan dan sudah dicapai untuk digunakan sebagai potensi menggaet para investor untuk membuka peluang usahanya. Di antaranya, membangun hotel, membangun restoran, kafe, hingga membangun kegiatan pariwisata berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Kunci Sukses Kepemimpinan Ala Atalia Ridwan Kamil

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:00 WIB

Prancis Bersinar dalam Kemenangan 4-1 atas Australia

Rabu, 23 November 2022 | 12:30 WIB

Terpopuler

X