• Jumat, 30 September 2022

7 Keluarga di Sidoarjo Dapat Bantuan Rutilahu dari Pemerintah Jawa Timur, Masyarakat Lainnya dalam Penyisiran

- Kamis, 22 September 2022 | 15:26 WIB
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa turun langsung menyerahkan bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) untuk tujuh keluarga di Desa Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin, Kab. Sidoarjo, Rabu (21/9/2022) siang. (Sumber foto: Dinas Kominfo Jawa Timur)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa turun langsung menyerahkan bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) untuk tujuh keluarga di Desa Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin, Kab. Sidoarjo, Rabu (21/9/2022) siang. (Sumber foto: Dinas Kominfo Jawa Timur)

ngaderes.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa turun langsung menyerahkan kunci rumah hasil bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) untuk tujuh keluarga di Desa Kedung Banteng, Kecamatan Tanggulangin, Kab. Sidoarjo, Rabu (21/9/2022) siang. 

Bersama Baznas Jatim dan Baznas Kabupaten Sidoarjo, Pemprov Jatim memberikan bantuan berupa rumah tinggal agar layak huni dengan anggaran untuk masing-masing rumah senilai Rp 23 juta. Tidak hanya itu masing-masing penerima manfaat juga masih mendapatkan tambahan bantuan perabotan senilai Rp 2,5 juta dari Gubernur Jatim. 

Masing-masing penerima diketahui merupakan masyarakat yang tidak memiliki rumah tinggal maupun yang menjadi korban penggusuran bantaran sungai. Atas bantuan dari Baznas dan juga Pemprov Jatim maka mereka mendapatkan rumah dengan luas bangunan 4 m x 7 m, yang terdiri dari 2 kamar, 1 kamar mandi, dan ruang cuci.

Baca Juga: Mengenal Asal Usul Es Cendol Elizabeth

Adapun 7 warga penerima bantuan tersebut Supriono, Suryat, Arifin, Topiyag, Abd. Kholik, Suparno, dan Sutoyo. Ke tujuh warga penerima manfaat itu begitu sumringah saat menerima kunci dari Gubernur Khofifah secara langsung.

"Kita ingin memberikan prioritas untuk membangun dari rumah tidak layak huni menjadi rumah tinggal layak huni. Ini bagian dari upaya bersama Baznas dan  Pemprov Jatim untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas tempat tinggal," ucap Khofifah.

Setelah penyerahan, Gubernur perempuan pertama Jatim itu juga melihat secara langsung bagian dalam rumah tinggal layak huni yang telah dibangun. Ia memastikan rumah tersebut telah terpenuhi syarat dan kebutuhan dasar rumah yang sehat. Seperti memiliki ventilasi dan juga sanitasi yang baik, 

"Alhamdulillah, nanti bapak dan ibu sudah bisa mulai menempati rumah yang layak huni dan insya Allah sehat," tegas Gubernur Khofifah. 

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menegaskan bahwa kebutuhan dasar masyarakat ada tiga. Yaitu sandang, pangan dan juga papan. Terkait rumah tinggal, pemenuhan kebutuhan tersebut diupayakan bukan hanya tempat untuk berteduh dari panas dan hujan. Melainkan memenuhi standar kesehatan dan sanitasi yang baik.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Diskominfo Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Sabar Menanti Piala Dunia U-20 di Indonesia

Kamis, 22 September 2022 | 12:00 WIB

Hari Pertama Pasar Murah, Lebih dari 100 kg Telur Ludes

Selasa, 20 September 2022 | 10:00 WIB

Wujudkan Bandung Jagjag Waringkas, Dinkes Kawal UHC

Jumat, 16 September 2022 | 12:00 WIB
X