• Rabu, 7 Desember 2022

Presiden Jokowi Undang Reog Ponorogo Tampil di Istana Negara pada HUT Ke-77 RI, Sebelum Daftar ke UNESCO

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:37 WIB
Reog Ponorogo. (Sumber foto: ponorogo.go.id)
Reog Ponorogo. (Sumber foto: ponorogo.go.id)

ngaderes.com - Presiden Joko Widodo mengundang seniman reog dari Ponorogo untuk tampil dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Istana Negara pada 17 Agustus 2022.

"Reog akan tampil sebagai penyaji pertama di halaman depan Istana Negara, baru disusul kesenian dari daerah lain,’’ kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Senin (15/8/2022).

Menurut Kang Bupati –sapaan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko–, rombongan 160 seniman reog berangkat ke Ibu Kota untuk tampil selama 12 menit.

Baca Juga: Kemenhub Terbitkan Empat Surat Edaran Baru, Belum Vaksin Booster Wajib Tes PCR

Mereka terdiri dari pembarong dadak merak, pujangganong, penari jathil, klonosewandono, warok, dan penabuh gamelan. Anggota rombongan itu mulai anak usia taman kanak-kanak (TK) hingga dewasa.

"Kami ingin membuktikan kalau reog pantas menjadi warisan budaya tak benda yang terdaftar di UNESCO. Keterlibatan anak usia dini juga menunjukkan kepada dunia bahwa regenerasi seniman reog tidak akan putus,’’ jelas Sugiri.

Sugiri menambahkan, sebuah kehormatan bagi Reog Ponorogo tampil dalam upacara peringatan HUT RI di Istana Negara. Sebab, presiden, wakil presiden, pimpinan lembaga negara, gubernur Bank Indonesia, para menteri, jaksa agung, panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), kapolri, serta para duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan melihat langsung kesenian asli Ponorogo itu.

Baca Juga: Kebal Jadi Koperasi Juara Bebaskan Warga dari Jerat Rentenir

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi menambahkan, rombongannya berangkat lebih dulu ke Jakarta untuk melakukan geladi bersih di Istana Negara pada Senin (15/8/2022).

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: ponorogo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Kunci Sukses Kepemimpinan Ala Atalia Ridwan Kamil

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:00 WIB

Prancis Bersinar dalam Kemenangan 4-1 atas Australia

Rabu, 23 November 2022 | 12:30 WIB

Terpopuler

X