• Jumat, 30 September 2022

Torehan Prestasi Mahasiswa Prodi S1 Bahasa Jepang Univ. Widyatama di Pekan Bahasa dan Budaya (Bunkasai) 2022

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:10 WIB
Pemberian apresiasi mahasiswa berprestasi dihadiri oleh Rektorat Universitas Widyatama (Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum.), Kepala Biro Kemahasiswaan (Muchammad Fauzi, S.T., M.Log.), Dekan Fakultas Ilmu Budaya (Dr. Hendar, Drs., M.Pd.), dan Kaprodi S1 Prodi Bahasa Jepang (Hety Nurohmah,S.S., M.Hum.)
Pemberian apresiasi mahasiswa berprestasi dihadiri oleh Rektorat Universitas Widyatama (Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum.), Kepala Biro Kemahasiswaan (Muchammad Fauzi, S.T., M.Log.), Dekan Fakultas Ilmu Budaya (Dr. Hendar, Drs., M.Pd.), dan Kaprodi S1 Prodi Bahasa Jepang (Hety Nurohmah,S.S., M.Hum.)



ngaderes.com
- Prodi S1 Bahasa Jepang Universitas Widyatama kembali menorehkan prestasi dalam kegiatan Pekan Bahasa dan Budaya Jepang (Bunkasai) ke-47 yang diselenggarakan di Universitas Padjadjaran pada Selasa, 16 Juli 2022 lalu.

Bunkasai merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh prodi sastra Jepang Universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa Barat.

Dalam penyelenggaraan tahun ini terdapat beberapa perlombaan, Japan Edu Fair, presentasi ilmiah dan berbagai budaya Jepang seperti chanoyu atau upacara minum teh, rakugo atau seni bercerita dalam bahasa Jepang dan penampilan dari mahasiswa.

Baca Juga: Pelajari Budaya Minum Teh atau Chanoyu, Mahasiswa Prodi Bahasa Jepang Univ. Widyatama Antusias Ikuti Kegiatan

Terdapat beberapa cabang lomba yang diikuti oleh Prodi S1 Bahas Jepang Universitas Widyatama yaitu, Digital Manga Contest (Kontes manga digital), Utatte Miyou (Karaoke dalam bahasa Jepang), dan Odotte Miyou (Kontes menari), Choukai Contest (Kontes mendengar dalam bahasa Jepang) dan Oral-dokkai (Kontes membaca dalam bahasa Jepang).

Pada event Bunkasai ke-47 ini Prodi S1 Bahasa Jepang Universitas Widyatama meraih beberapa prestasi yaitu:
1. Muhammad Sulthon Hernanda – Juara 2 Choukai Contest
2. Muhammad Sulthon Hernanda, Hiro Anandi Sakki, Andra Shafa Maharai – Juara 3 Digital Manga Contest.

Menurut Muhammad Sulthon Hernanda atau yang kerap disapa Sulthon, salah satu mahasiswa Prodi S1 Bahasa Jepang yang memenangkan 2 cabang lomba yaitu Choukai Contest dan Digital Manga Contest mengungkapkan ia sempat merasa pesimis terhadap performannya dalam perlombaan dan cukup sulit untuk membagi fokusnya untuk mengikuti 2 cabang lomba sekaligus.

Baca Juga: Serunya Widyatama Japan Matsuri (WJM) 2022, Gelar Lomba dan Penampilan Seni dan Budaya Jepang

“Saya merasa bahagia dan tidak menyangka sama sekali. Bahkan saya sempat pesimis terhadap performa saya saat mengikuti lomba karena sejujurnya saya sangat terfokus pada lomba Digital Manga sampai-sampai hampir lupa latihan untuk lomba Choukai. Menyeimbangkan fokus untuk 2 lomba inilah rintangan terbesar bagi saya" terangnya.

Sementara itu, Hiro Ananda Sakki yang bertugas untuk menggambar dalam perlombaan Digital Manga ini memaparkan ia mendapatkan banyak pengalaman dari kegiatan Bunkasai ini dan berpesan bagi mahasiswa lainnya yang memiliki passion dalam menggambar, bahasa Jepang, dll, agar tidak takut untuk mencoba dan mengembangkan passion yang dimiliki.

“ Saya belajar banyak hal, seperti kerjasama dalam suatu kelompok, mengejar deadline, dan saya jadi tahu bahwa diluar sana banyak yang memiliki hobi yang sama, dan dapat menggambar komik yang tidak kalah bagus. Untuk teman-teman yang lain, jika kalian memiliki passion baik itu dalam menggambar, bahasa Jepang, dll, kalian harus terus berlatih dan mengembangkan passion kalian tersebut, salah satunya dengan cara berani mencoba mengikuti perlombaan. Pasti ada rasa takut kalah, gagal, dll, tapi harus diingat dengan kalian berani mengikuti lomba dan keluar dari comfort zone saja kalian sudah mempunyai nilai lebih dari orang lain. Percaya pada diri kalian bahwa kalian bisa, karena juara atau tidak, itu bonus, tapi berani mencoba dan terus berlatih, itulah yang akan jadi modal kalian dimasa depan", ujarnya. 

Baca Juga: Soroti Topik Menarik di Kuliah Umum, Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama Siap Mencetak Lulusan Unggul

Melihat torehan prestasi tersebut, pihak Universitas Widyatama juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang sudah memenangkan lomba pada Bunkasai ke-47 ini. Prosesi apresiasi ini dihadiri oleh Rektorat Universitas Widyatama (Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum.), Kepala Biro Kemahasiswaan (Muchammad Fauzi, S.T., M.Log.), Dekan Fakultas Ilmu Budaya (Dr. Hendar, Drs., M.Pd.), dan Kaprodi S1 Prodi Bahasa Jepang (Hety Nurohmah,S.S., M.Hum.).

Menurut Andra Shafa Maharani yang menjadi perwakilan dalam penyerahan apresiasi tersebut mengungkapkan ia sangat berterima kasih kepada seluruh dosen dan mahasiswa yang sudah membantu dan mendukung team digital manga untuk menjadi juara.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh dosen di Universitas Widyatama terutama dosen di Prodi Bahasa Jepang Widyatama dan tak lupa saya ucapkan terima kasih juga kepada teman-teman team lomba manga semoga kedepannya kita dapat lebih baik lagi. Serta tidak lupa, terimakasih kepada teman-teman mahasiswa semuanya untuk dukungannya. Terima kasih semuanya!”, ucapnya.

Prestasi yang ditorehkan ini tentunya tidak lepas dari dukungan para akademisi yang terus mendukung dan membimbing mahasiswa/i nya untuk terus berkembang dan menorehkan prestasi baik itu akademik maupun non akademik. Kedepannya tentu akan banyak lagi dari mahasiswa/i Prodi S1 Bahasa Jepang yang akan meraih berbagai prestasi. ***

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Sabar Menanti Piala Dunia U-20 di Indonesia

Kamis, 22 September 2022 | 12:00 WIB

Hari Pertama Pasar Murah, Lebih dari 100 kg Telur Ludes

Selasa, 20 September 2022 | 10:00 WIB

Wujudkan Bandung Jagjag Waringkas, Dinkes Kawal UHC

Jumat, 16 September 2022 | 12:00 WIB
X