• Jumat, 30 September 2022

Pameran Pulau Emas, Mengenang 22 Tahun Seniman Ropih Berkarya

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Pameran Pulau Emas, Mengenang 22 Tahun Seniman Ropih Berkarya (bandung.go.id)
Pameran Pulau Emas, Mengenang 22 Tahun Seniman Ropih Berkarya (bandung.go.id)

ngaderes.com - Pameran Pulau Emas yang digelar untuk mengenang 22 tahun seniman Ropih berkarya dan 100 hari meninggalnya seniman kenamaan Kota Bandung tersebut menampilkan kurang lebih 30 lukisan karya Ropih Amantubillah sejak tahun 2002 sampai 2017.

Melansir dari situs resmi Humas Kota Bandung. Kurator Pameran Pulau Emas, Rahmat Jabaril mengatakan Tema Pulau Emas diambil konsep pulau emas yang sudah menjadi acuan ideologis Ropi Amantubillah dalam berkesenian.

"Pulau emas bukan diartikan secara harfiah, tapi pulau emas bagaimana kita menjunjung pemahaman tentang jatidiri manusia," ujarnya saat ditemui Humas Kota Bandung dalam pembukaan Pameran, Minggu 7 Agustus 2022.

Ia mengatakan, pameran Pulau Emas bukan hanya sekedar memajang karya lukisan melainkan memberikan pesan tentang jalan hidup manusia untuk mencapai kedamaian dan ketenangan hidup.

"Ada sesuatu yang disampaikan oleh Abah (Ropih Amantubillah) berkaitan dengan jalan hidup umat manusia. Ini penting buat generasi muda melihat karya ini, bagaimana mencapai kedamaian dan ketenangan dalam hidup," ujarnya.

Lebih lanjut, Rahmat mengatakan, dari 30 lukisan yang dipamerkan terdapat berbagai aliran lukisan.

"Kita memilih beberapa gaya ada yang realis, abstrak ada yang simbolis menunjukan bahwa abah adalah orang kreatif yang tidak terjebak pada gaya tertentu," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Nuzrul Irwan Irawan mengapresiasi solo exhibition Pulau Emas karya Abah Ropih Amantubillah.

"Kami sangat mengapresiasi pameran ini dalam rangka mengenang 22 tahun karya beliau. Hal yang harus diteladani meninggalkan spiritkultural untuk mencapai cita-cita bangsa membanguna manusia yang kreatif dan berbudidaya luhur," katanya saat menghadiri pameran.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: bandung.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Sabar Menanti Piala Dunia U-20 di Indonesia

Kamis, 22 September 2022 | 12:00 WIB

Hari Pertama Pasar Murah, Lebih dari 100 kg Telur Ludes

Selasa, 20 September 2022 | 10:00 WIB

Wujudkan Bandung Jagjag Waringkas, Dinkes Kawal UHC

Jumat, 16 September 2022 | 12:00 WIB
X