• Kamis, 11 Agustus 2022

Bangun Minat dan Kecintaan Dunia Seni: UKM BASIC Kampus Nurtanio Gelar Talkshow dan Ragam Lomba Seni

- Kamis, 28 Juli 2022 | 10:00 WIB
Salahsatu penampilan peserta lomba puisi di perlombaan seni UKM Basic Nurtanio
Salahsatu penampilan peserta lomba puisi di perlombaan seni UKM Basic Nurtanio



ngaderes.com
- UKM bidang seni, BASIC mengadakan talkshow yang berjudul “Strategi Pengembangan Softskill pelajar daam bidang seni di era new normal” dengan berbagai jenis lomba seni pada Sabtu,  23 Juli 2022 lalu di kampus Nurtanio

Kegiatan ini diadakah dalam rangka menumbuhkembangkan dan meningkatkan minat serta kecintaan terhadap seni, khususnya di kalangan SMA/ SMK sederajat yang berada di wilayah Bandung Raya seperti Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Cimahi.

Baca Juga: 7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Ketua Pelaksana Alan Sahirin, terkait pelaksanaan kegiatan offline yang dilaksanakan ini sudah berdasarkan izin dari satgas dan pihak terkait.

Adapun dua rangkaian acara yang diadakan peserta meliputi webinar di pagi hari dengan menghadirkan salahsatu pegiat seni, Herwin Patra, MPd sebagai pembicara. Lalu lomba di siang harinya. 

“Ada 4 jenis lomba bidang seni yang diselenggarakan yaitu lomba poster, karya cipta puisi, modern dance, dan akustik. Khusus untuk lomba modern dance, kami melihat perkembangannya sedang up di kalangan anak muda. Jadi kami masukkan modern dance sebagai kategori lomba yang bisa diikuti!,” jawab Alan Sahirin

Alan Sahirin berharap lomba ini menjadi ajang bagi peserta lomba untuk bebas berekspresi.  Kedepannya bisa mencintai dan mengembangkan seni, terlebih seni tradisional.

Sesi talkshow diselenggarakan pagi hari sebelum perlombaan dimulai


Pada BASIC tahun ini, kami mencoba mewujudkan minat dunia seni dikalangan anak muda dengan menerapkan strategi yang adaptif. Tema yang diusung ada lebih disesuaikan dengan kondisi sekarang yang sedang trend salahsatunya modern dance. 

Ini berbeda dari tahun sebelumnya lomba yang diadakan seni tari tradisional dan tema puisinya kebanyakan tentang budaya yang terpenjara. 

Taun ini, peserta lebih bisa berekpresi sesuai dengan keinginannya. Dari sini diharapkan BASIC bisa menjadi pemantik yang mengawali mereka untuk bisa mencintai seni, khususnya yang berkaitan dengan budaya Indonesia. 

Sedangkan untuk masyarakat alangkat baiknya kita menjadi patokan yang benar dalam mencontohkan kebudayaan. Kedepannya Alan Arifin berharap kegiatan ini menjadi lebih baik lagi dan bisa mencapai tingkat nasional ataupun internasional.

Baca Juga: 4 Tips Memotivasi Diri Sendiri, Lakukan Hal Ini Agar Anda Bisa Sampai di Puncak Tangga Kesuksesan

“Semoga kegiatan ini bisa ada setiap tahunnya, bahkan lebih baik lagi. Kan setiap kepengurusan beda gaya kepemimpinan. Semoga aja kepemimpinan berikutnya bisa lebih spektakuler dan mencapai titik nasional ataupun internasional”, harap beliau.

Alan Arifin mengatakan kegiatan ini penting untuk dilakukan sebagai salahsatu bentuk melestarikan kebudayaan. 

“Saya 100 % mendukung kegiatan seperti ini, selain saya menyukai kesenian. Kegiatan seperti ini penting banget dilakukan. Apalagi seni dan budaya di melekat sekali ada dalam tiap suku di Indonesia”, jelasnya. ***



Penulis : Aghniya Qolbu Salamah 

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X