• Kamis, 11 Agustus 2022

Grebeg Suro 2022 di Ponorogo Dimulai, Perpaduan Kekuatan Budaya dan Santri

- Senin, 25 Juli 2022 | 06:01 WIB
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko melecutkan pecut Samandiman yang menandakan bahwa rangkaian Gerebeg Suro 2022 pun dimulai, Kamis malam (21/07/2022). (Sumber foto: ponorogo.go.id)
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko melecutkan pecut Samandiman yang menandakan bahwa rangkaian Gerebeg Suro 2022 pun dimulai, Kamis malam (21/07/2022). (Sumber foto: ponorogo.go.id)

ngaderes.com - Kemegahan Grebeg Suro 2022 terasa di panggung utama Alun-Alun Ponorogo, Kamis (21/7/2022) malam. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko resmi membuka event akbar tahunan tersebut bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-526.

Sugiri Sancoko melecutkan pecut Samandiman yang menandakan bahwa rangkaian Gerebeg Suro 2022 pun dimulai. Sebelumnya, sejumlah masyarakat telah datang berbondong-bondong memenuhi area Alun-Alun Ponorogo.

Kapasitas 5.000 kursi penonton di depan panggung utama penuh sesak. Sebagian lainnya rela berdiri menyaksikan acara pembukaan Grebeg Suro dari luar pagar. Acara malam itu juga menandai pelaksanaan Festival Reog Mini (FRM).

Baca Juga: Presiden Republik Indonesia Gencarkan Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

‘’Grebeg Suro yang kita tunggu dua tahun, akhirnya terselenggara,’’ kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Tarian sufi ditampilkan di atas panggung utama. Dalam acara terpisah kelak, penari sufi bakal berkolaborasi dengan penari pujangganong yang secara kolosal berpentas di sepanjang Jalan Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, Jalan Jenderal Sudirman, hingga seputaran Alun-Alun Ponorogo.

‘’Kami ingin memadukan dua kekuatan besar dalam Grebeg Suro kali ini, yaitu budaya dan santri,’’ terang Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Kang Bupati sempat mengungkapkan perubahan konsep penyelenggaraan Grebeg Suro dan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo terkait terbatasnya ketersediaan anggaran. Tatkala Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Ponorogo 2022 disahkan, proyeksi kegiatan itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

‘’Tapi kita mampu menjalankannya dalam kondisi normal. Bayangkan, anggaran sudah diketuk November tahun 2021,’’ ungkapnya.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: ponorogo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X