• Kamis, 11 Agustus 2022

Keren! Ada Produk Indonesia di Piala Dunia 2022

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 19:13 WIB
Keren! Ada Produk Indonesia di Piala Dunia 2022 (Pemprov Jatim)
Keren! Ada Produk Indonesia di Piala Dunia 2022 (Pemprov Jatim)

ngaderes.com - Indonesia menjadi produsen bola resmi untuk kejuaraan sepak bola empat tahunan terbesar dunia di Qatar, pada 21 November 2022--18 Desember 2022, seperti melansir dari situs indonesia.go.id.

Piala Dunia Sepak Bola adalah kejuaraan olahraga paling meriah dan populer di muka bumi. Miliaran pasang mata selalu menyaksikan dari layar kaca dan jutaan orang lainnya hadir langsung di stadion-stadion untuk mendukung tim-tim nasional kesayangan. Mereka ingin melihat aksi ratusan pesepak bola dari puluhan negara yang datang dari lima benua untuk saling bersaing merebut setiap kemenangan.

Para pesepak bola terbaik itu berebut mengejar si kulit bundar di lapangan hijau sambil diiringi sorak dukungan penonton di stadion. Tahun ini merupakan perhelatan ke-22 kalinya dari kejuaraan empat tahunan tersebut. Qatar menjadi tuan rumah dari hajatan yang bakal digelar pada 21 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Ada 32 negara yang berpartisipasi dan sebanyak 352 pesepak bola, sebagian adalah bintang dunia, siap beraksi pada delapan stadion megah yang telah disiapkan tuan rumah. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) selaku pengelola Piala Dunia memperkirakan, bakal ada 5 miliar penonton menyaksikan seluruh pertandingan dari layar kaca. Lalu, lebih dari 4 juta lainnya diprediksi melihat langsung di Qatar.

Untuk pertama kalinya, kawasan jazirah Arab dipercaya sebagai tuan rumah ajang paling menyedot perhatian separuh masyarakat dunia. Di antara 32 negara peserta Piala Dunia 2022, memang tidak terdapat nama Indonesia. Meski dibesut pelatih Shin Tae-yong yang sukses meloloskan Korea Selatan ke Piala Dunia 2018, timnas Garuda masih perlu kerja lebih keras lagi untuk bisa masuk dalam ajang dunia ini.

Kendati begitu, lewat Al Rihla, nama Indonesia tetap hadir di Qatar kelak. Al Rihla adalah produk bola sepak resmi yang akan dipakai pada Piala Dunia 2022 dan dibuat di Indonesia serta telah diluncurkan oleh FIFA pada April 2022 lalu.

Nama bola sepak ciptaan Adidas itu berasal dari bahasa Arab yang berarti perjalanan. Menurut Ian Richard Netton dalam Encyclopedia of Islam, Second Edition, Al Rihla dapat diartikan sebagai catatan perjalanan. Ini mengacu kepada Rihla, sebuah dokumentasi berbentuk catatan perjalanan Ibnu Battuta, 1325-1354 silam. Dalam manuskripnya, perjalanan melintasi tiga benua sejauh 110 ribu kilometer itu dituliskan Ibnu Battuta usai melaksanakan ibadah haji pada 1325 silam.

Begitu pula dengan Al Rihla ini, dibuat di sebuah industri kreatif skala menengah di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, atau sekitar 7.600 km dari ibu kota Doha, Qatar. Penegasan bahwa bola made in Madiun bisa jadi akan ditendang oleh para bintang top dunia di Qatar seperti Sadio Mane, Son Heung-min, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo juga diungkapkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Hal itu diutarakannya lewat akun Instagram @khofifah.ip ketika melepas ekspor 50 ribu Al Rihla untuk menjelajahi Amerika Serikat, Brasil, Inggris, Jerman, dan Uni Emirat Arab, Jumat (17/6/2022). Mantan Menteri Sosial itu tak lupa mendoakan agar suatu hari nanti timnas Garuda juga dapat ikut berlaga di Piala Dunia.

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X