• Selasa, 31 Januari 2023

Jelang Pemilu 2024, KPU Jadikan 'Berakhlak' Pedoman Bekerja

- Selasa, 19 Juli 2022 | 10:00 WIB
Pengarahan dan konsolidasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang Pemilu 2024. (Sumber foto: kpu.go.id)
Pengarahan dan konsolidasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang Pemilu 2024. (Sumber foto: kpu.go.id)

ngaderes.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari, Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap bersama Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno hadir dalam acara Pengarahan dan Konsolidasi Komisi Pemilihan Umum Dalam Rangka Menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Gorontalo, Jumat (15/7/2022).

Mengawali arahan, Bernad Dermawan Sutrisno menegaskan pentingnya peran Sekretariat dalam memberikan dukungan administratif dan teknis kepada ketua dan anggota KPU.

"Kita tahu nilai-nilai dasar ASN telah ditetapkan oleh Menpan RB dan telah dicanangkan oleh Presiden yaitu Berakhlak. Maka nilai dasar inilah yang kita jadikan pedoman dalam bekerja,” ucap Bernad.

Baca Juga: Nunggak Pajak Kendaraan? Yuk Ikut Program Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga 31 Agustus 2022

Di kesempatan yang sama, Yulianto Sudrajat menyampaikan pembenahan internal KPU terus dilakukan, hal tersebut untuk menguatkan pondasi KPU dalam menjalankan tahapan Pemilu Serentak 2024.

“Pemilu ke depan tidak akan mudah, maka dari itu kita melakukan pembenahan mulai dari kebutuhan penyelenggara dari hal yang mendasar. Maka dari itu segala aspek mulai dari anggaran, fasilitas, sarana dan prasarana serta logistik harus direncanakan dengan baik,” kata Yulianto.

Berikutnya, Parsadaan Harahap mengimbau kepada seluruh jajaran KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota untuk tetap fokus bekerja.

“Tunjukan kinerja yang terbaik. Karena Tahapan Pemilu sudah dimulai, maka integritas dan profesionalitas harga mati yang harus kita tegakkan,” pesan Parsa.

Sementara itu Betty Epsilon Idroos mengapresiasi capaian KPU Provinsi Gorontalo karena tingkat data padan mencapai 98,9 persen, atau di atas rata-rata persentase Nasional 92,6 persen.

“Data pemilih ini bukan data statis, namun bersifat dinamis. Oleh karena itu pemutakhiranya harus tetap dilakukan,” kata Betty.

Baca Juga: Google dan WhatsApp Wajib Daftar PSE Sebelum 20 Juli 2022 Agar Tidak Diblokir, Kominfo Sudah Beri Peringatan

Menutup arahan, Hasyim menyampaikan KPU adalah lembaga hierarkis. Maka dari itu KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota harus bekerja dalam satu komando agar sinergis.

“Dalam bekerja kita harus sinergis, satu komando, jangan ada macam-macam prakteknya. Dalam bekerja juga harus ada SOP-nya, karena standar itu akan jadi tolak ukur baik atau buruknya kerja suatu lembaga,” tutup Hasyim.

Turut hadir Ketua dan Anggota KPU Provinsi Gorontalo, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Gorontalo, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Setjen KPU RI Suryadi serta Pejabat Eselon III Setjen KPU RI.***

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: kpu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Spotify Akan Memberhentikan 6% Karyawannya

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:20 WIB

Kota Bandung Panen Raya Perdana Bawang Merah

Minggu, 22 Januari 2023 | 10:47 WIB
X