• Rabu, 17 Agustus 2022

Roadshow Perdana Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022 Digelar, Pemerintah Jabar dan Bandung Siap Dukung

- Senin, 18 Juli 2022 | 10:27 WIB
Roadshow perdana Gerakan Nasional 1000 Startup Digital baru saja digelar hari Rabu, tanggal 13 Agustus 2022 secara hybrid di Auditorium Bandung Creative Hub
Roadshow perdana Gerakan Nasional 1000 Startup Digital baru saja digelar hari Rabu, tanggal 13 Agustus 2022 secara hybrid di Auditorium Bandung Creative Hub

ngaderes.com - Roadshow perdana Gerakan Nasional 1000 Start Up Digital telah digelar secara hybrid di Auditorium Bandung Creative Hub pada Rabu 13 Juli 2022 lalu. 

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Jawa Barat dan Walikota Bandung.
Dalam kesempatan ini hadir tokoh masyarakat dan para penggiat startup di Jawa Barat.

Mewakili Walikota Bandung, Y. Ahmad Brilyana, Kepala Diskominfo Kota Bandung melalui sambutannya mendukung penuh pada kegiatan Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Baca Juga: Perkuat Ketahanan Pangan, BMKG Gencar Edukasi Petani Lewat Sekolah Lapang Iklim

 “Dalam mendukung Startup di Kota Bandung, pemerintah telah memberikan berbagai macam fasilitas. Mulai dari Free Wifi yang sudah tersebar di 550 titik wifi gratis, ruang publik di Bandung Creative Hub dan Co-Working Space yang tersebar di 30 kecamatan yang bisa digunakan untuk masyarakat berkreasi dan berinovasi dalam bidang startup. Diskominfo Kota Bandung juga menyediakan beberapa platform seperti Portal Open Data Kota Bandung dan Sadayana yang bisa diunduh secara gratis di Playstore atau Appstore", terang beliau. 

Lebih lanjut Ahmad menuturkan untuk bisa menyampaikan infromasi kepada masyarakat mengenai program yang sudah dicanangkan maka dibuatlah sebuah forum yang bisa mengakomodir itu. 

“Kami memiliki forum yaitu BADAMI (Program kolaborasi, sosialisasi, dan monitoring inovasi dengan pemanfaatan teknologi sebagai wadah Bandung Smart City Forum diperuntukkan sebagai ajang diskusi dari para inovator dan pelaku startup dalam memperkenalkan dan menyampaikan program atau produk kepada masyarakat maupun pemerintah setempat", jelasnya. 

Setiap tahun, kami juga memiliki program Bandung Connectivity, yakni event kolaborasi pentahelix yang mengundang pelaku startup, komunitas dan media serta pemerintah untuk membangun Bandung Smart City.” tambahnya.

Ahmad berharap dengan adanya dukungan ini, startup-startup dapat terus membangun kota ini sebagai pusat perkembangan startup digital di Jawa Barat.

Senada dengan Gumilar yang mewakili Kepala Diskominfo Jabar turut mendukung berkembangnya startup di Jawa Barat melalui penyediaan infrastruktur, jaringan mitra, penguatan tata kelola TIK dan yang paling penting yaitu pengembangan SDM.

“Kami melihat bahwa Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, yang merupakan program dari Kementerian yang sama, tentu memiliki semangat yang sama pula & pemerintah provinsi Jawa Barat siap mendukung.” ucap Gumilar pada saat membuka sambutannya.

Adapun di Jawa Barat sendiri telah berjalan berbagai program terkait Startup Digital, seperti Desa Digital yang mempertemukan antara mitra Startup Digital yang memiliki inovasi dengan Desa yang membutuhkan inovasi tersebut.

Baca Juga: Jabar Saber Hoaks Direplikasi Provinsi Lain, Pusat Dukung Penuh Rekomendasi Unit Saber Hoaks

Startup digital di Jawa Barat bisa untuk mendaftar sebagai mitranya. Selain itu ada juga Ekosistem Data Jawa Barat, yang mana menyediakan open data untuk publik. Ini dapat dimanfaatkan oleh para startup founder untuk dijadikan sebagai referensi yang valid dalam melakukan riset.

“Oleh karena itu, pemerintah Jawa Barat mengajak seluruh masyarakat untuk berani membuat startup dengan langkah awal menjadi peserta program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, caranya dengan mendownload aplikasi 1000 Startup Digital. Selamat mengikuti kegiatan roadshow hari ini dengan penuh kesadaran. Mudah-mudahan rekan-rekan semua mendapatkan inspirasi serta motivasi untuk membangun startup, untuk turut serta membangun Jawa Barat.” tutupnya.

Adapun kegiatan Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diselenggarakan ini mencakup tiga topik utama yaitu mengenai pengenalan Startup Digital bersama Muhammad Shiddiq Azis, Founder & CEO Inagri.

Yang kedua yaitu topik "Pengalaman Membangun Startup Digital" yang dibawakan oleh Ikhwan Nul Yusuf Maulana, CEO Bizlook yang juga alumni tahun 2019.

Terakhir ditutup dengan diskusi panel "Potensi Pengembangan Startup di Daerah” bersama Moderator Cozebba Graceyella Millenia Adam, CMO & Co-Founder Jaramba (Erdy Suryadharma), Komite Ekraf Kota Bandung (Imam Budi S), Founder & CEO PT Mandala Digital Indonesia (Galih Mandala Putra) dan Executive Secretary MIKTI (Ardian Perdana Putra).

Baca Juga: Gigih, Seorang Pemuda Penyandang Thalasemia di Kab. Garut Raih Beasiswa S1

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X