• Kamis, 11 Agustus 2022

Sandiaga Uno Sebut Grebeg Suro di Ponorogo Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:00 WIB
Bupati Sugiri Sancoko mendampingi Menteri Parekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerja di Ponorogo Kamis (30/6/2022). (Sumber foto: ponorogo.go.id)
Bupati Sugiri Sancoko mendampingi Menteri Parekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerja di Ponorogo Kamis (30/6/2022). (Sumber foto: ponorogo.go.id)

ngaderes.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberi perhatian khusus terhadap gelaran Grebeg Suro di Ponorogo. Apalagi, Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) yang menjadi rangkaian acara grebeg sudah resmi masuk kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

‘’Saya akan turunkan tim secara khusus, event seperti ini dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi,’’ kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di sela-sela kunjungan kerjanya ke Ponorogo, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, Kemenparekraf bakal menyusun strategi kolaboratif dengan Pemkab Ponorogo untuk mempromosikan Grebeg Suro. Dengan begitu, kunjungan wisatawan akan meningkat serta potensi lokal lebih berdaya secara ekonomi dan sosial budaya.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Malaysia Open 2022 : Indonesia Menempatkan 7 Wakil Di Perempat Final

‘’Kita harus lakukan langkah strategis karena pandemi membawa dampak cukup besar di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,’’ jelasnya.

Sandiaga Uno berani memastikan Kemenparekraf bakal membantu sisi pendanaan Grebeg Suro. Implementasinya masih menunggu manajemen Kharisma Event Nusantara (KEN). Pihaknya berharap gelaran event akbar di Ponorogo itu mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

‘’Masyarakat yang berada di wilayah Jawa lainnya juga bisa ikut ambil peran,’’ terangnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengharapkan adanya formula pendanaan dari Kemenparekraf arena Grebeg Suro resmi masuk KEN. Bahkan, Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—tak keberatan jika harus memberangkatkan tim ke Jakarta.

‘’Atau tim dari Jakarta yang turun. Belum ada angka pasti, kami sudah menyerahkan proposal bahwa kebutuhan dana untuk Grebeg Suro itu sekian miliar,’’ ungkapnya.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: ponorogo.go.id

Tags

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X