• Kamis, 11 Agustus 2022

Angkat Kuliner Khas Blitar, Mahasiswa ITS Berprestasi di Dunia Sinematografi

- Kamis, 30 Juni 2022 | 07:06 WIB
Mahasiswa ITS berprestasi di bidang Sinematografi Masy’ Aril Aulia Firman Andrianto. (Sumber foto: kominfo.jatimprov.go.id)
Mahasiswa ITS berprestasi di bidang Sinematografi Masy’ Aril Aulia Firman Andrianto. (Sumber foto: kominfo.jatimprov.go.id)

ngaderes.com - Selain terkenal dengan wisata sejarahnya, Kota Blitar juga memiliki kekayaan cita rasa kuliner. Melalui pendekatan sinematik, mahasiswa Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ikut mengenalkan kuliner khas Blitar lewat film dokumenter yang dibuatnya.

Mahasiswa bernama Masy’ Aril Aulia Firman Andrianto atau kerap disapa Aril ini mengaku membuat film dengan judul Legenda Kuliner Patria tersebut berawal dari keresahannya karena banyak masyarakat lokal yang belum mengenal keberagaman kuliner kotanya.

“Jadi tidak hanya menikmati sejarah kotanya, wisatawan yang mungkin berkunjung ke Blitar harusnya juga bisa mengenal dan menikmati kulinernya,” ujarnya Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Awal Dzulhijah, Hasil Diumumkan Segera Setelah Melewati Tiga Tahap

Kuliner khas Blitar yang diangkat dalam film ini seperti ice drop, es pleret, dawet serabi, iwak kali, tahu bumbu lawu, dan wajik kletik.

Masing-masing durasi dari alur dalam film ini diformulasikan dapat mewakili visualisasi setiap jenis kuliner tersebut. Mulai dari ciri masing-masing kuliner hingga cara produksinya.

“Setiap kuliner yang ditampilkan pun memiliki filosofi yang sarat akan makna,” tuturnya.

Film yang ia gunakan sebagai hasil Tugas Akhir (TA) kuliah di bawah bimbingan dosen Nugrahardi Ramadhani SSn MT ini, diproduksi selama tujuh bulan dengan ide dan konsep yang sudah dirancang sejak awal tahun 2021.

Tidak berhenti di situ, Aril pun sempat membawa karyanya ini mengikuti Erlangga Art Awards 2022.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: kominfo.jatimprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X