• Sabtu, 25 Juni 2022

Disperdagkum Ponorogo Tutup Pasar Sapi, Sarankan Jual Beli Online

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 17:00 WIB
Disperdagkum Ponorogo harus menutup Pasar Hewan Jetis pada pasaran Pahing, Jumat (10/6/2022) akibat bencana penyakit mulut dan kuku (PMK). (Fotografer: Intan Resika/ngaderes.com)
Disperdagkum Ponorogo harus menutup Pasar Hewan Jetis pada pasaran Pahing, Jumat (10/6/2022) akibat bencana penyakit mulut dan kuku (PMK). (Fotografer: Intan Resika/ngaderes.com)

ngaderes.com - Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdagkum) Ponorogo harus menutup pasar hewan akibat bencana penyakit mulut dan kuku (PMK). Kali ini giliran Pasar Hewan Jetis yang ditutup bersamaan hari pasaran Pahing, Jumat (10/6/2022).

‘’Kami juga menutup pasar hewan di Pudak dan Somoroto yang selama ini menjadi tempat jual beli sapi,’’ kata Sekretaris Dinas Perdagkum Ponorogo Luqman Wahidi.

Penutupan tiga pasar hewan tersebut merupakan rekomendasi dari Dinas Peternakan, Ketahanan Pangan dan Peternakan (Dispertahankan) Ponorogo.

Baca Juga: Apa itu kurban? Begini Pengertian Kurban Dilihat Dari Tiga Asal Kata

Rekomendasi mendasar penutupan pasar hewan berasal dari Surat Edaran (SE) Menteri Pertanian dan instruksi Gubernur Jawa Timur, terkait percepatan penanggulangan PMK dan pemenuhan kebutuhan hewan kurban bersamaan Idul Adha. Hasil uji laboratorium Balai Besar Veteriner Wates di Jogja juga ikut menjadi pertimbangan.

Luqman belum dapat memprediksi penutupan pasar sapi berlangsung berapa lama. Pihaknya akan melakukan evaluasi setelah beberapa waktu sembari menunggu perkembangan.

Karena sudah melalui sosialisasi yang cukup, maka pedagang dan peternak bakal maklum dengan penutupan pasar hewan itu.

‘’Kebijakan penutupan pasar hewan ini menyangkut penanggulangan penyakit pada hewan,’’ jelasnya.

Baca Juga: Hadapi Idul Adha, Jabar Siap Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban Sehat

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: ponorogo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Perlu Takut, Laporkan Kekerasan Anak ke DP3A

Jumat, 17 Juni 2022 | 09:00 WIB

Selamat Jalan, Eril! Jutaan Doa Mengantarmu Pulang

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:00 WIB
X