• Kamis, 11 Agustus 2022

Peringati Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi Pimpin Upacara di NTT Sampaikan Beberapa Amanat Berikut

- Rabu, 1 Juni 2022 | 09:14 WIB
Presiden Jokowi memimpin upacara Hari Lahir Pancasila ini secara langsung di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur pada hari ini, Rabu (1/06). (BPIP)
Presiden Jokowi memimpin upacara Hari Lahir Pancasila ini secara langsung di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur pada hari ini, Rabu (1/06). (BPIP)


ngaderes.com – Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Pancasila">Hari Lahir Pancasila. Presiden Jokowi memimpin upacara Pancasila">Hari Lahir Pancasila 2022 secara langsung di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur pada hari ini, Rabu (1/06).

Di kota Ende, NTT ini lah sejarah mencatat lahirnya Proklamasi. Sang proklamator, Ir Soekarno saat itu merumuskan Pancasila. Setelah kemudian disyahkan oleh PPKI, sampailah Pancasila sebagai warisan ideologi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berikan Dukungan Penuh Terhadap KPU, Berikut Enam Arahan Terkait Pemilu 2024

Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa pesan saat menyampaikan amanat pemimpin upacara. Beliau mengajak anak bangsa dimanapun berada untuk membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai – nilai luhur pancasila dalam bermasyarakat dan bernegara.

“Tapi saya selalu ingatkan, kita harus betul ingatkan betul- betul mengamalkan dan memperjuangan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kebangsaan dan kenegaraan kita”

Pancasila telah menjadi bintang saat Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Ini sudah dibuktikan dengan perjalanan sejarah. Saat ini, Indonesia bisa menjadi bangsa yang kuat dan kokoh berlandaskan Panasila.

Baca Juga: Menpora Amali Membuka Secara Resmi Kongres Biasa, PSSI 2022 Harapkan Bisa Bentuk Tim yang Tangguh

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila dalam tata kelola pemerintahan termasuk dalam nilai – nilai interaksi.

“Ini menjadi tugas utama komponen negara agar Pancasila sebagai ideologi bisa dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia”, terangnya.

Sementara itu, dalam menghadapi pandemi Covid yang belum berakhir, juga krisis energi dan pangan, ancaman kemiskiman dan kelaparan serta perang di Ukraina, Presiden Jokowi sebagai pemegang mandat G20 mengajak seluruh dunia untuk menghadapi krisis ini dengan mewujudkan tata kelola yang sehat, damai yang berperikemanusiaan dan berperikeadilan.

Baca Juga: Kota Bandung Masih Aman dari Cacar Monyet, Ini Cara Menghindarinya

“Saya mengajak pemimpin, pejabat, tokoh agama dan masyarakat,pemimpin partai politik, ormas untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai – nilai Pancasila. Mari menggerakan nilai – nilai Pancasila untuk Indonesia yang lebih baik”, pungkasnya.

Dalam upacara peringatan Pancasila">Hari Lahir Pancasila tersebut, turut hadir beberapa pejabat dan tamu undangan termasuk jajaran Badan Pengelola Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca Juga: Wali Kota Bandung Minta Toko Buku dan Penerbit Bantu Tingkatkan Literasi Warga

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X