• Kamis, 11 Agustus 2022

Macet di Puncak: Menhub Harapkan Bisa Teratasi Dengan Adanya Rekayasa Lalin Yang Sudah Disiapkan

- Sabtu, 30 April 2022 | 10:00 WIB
Antisipasi kemacetan diharapkan Menhub bisa teratasi dengan adanya rekayasa lalu lintas. (dephub)
Antisipasi kemacetan diharapkan Menhub bisa teratasi dengan adanya rekayasa lalu lintas. (dephub)



ngaderes.com
– Sejumlah rekayasa lalu lintas akan diterapkan di jalur Puncak, guna mengantisipasi kepadatan baik sebelum dan sesudah lebaran, Idul Fitri 2022.

Ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mengecek kesiapan pengaturan lalu lintas di Simpang Gadog, Bogor pada Kamis 28 April lalu.

Baca Juga: Keren! Bayar Zakat di Kota Bandung Kini Sekejap Mata

“Pada H-1, sampai dengan beberapa hari setelah Lebaran diprediksi kawasan Puncak akan sangat ramai,” jelas Menhub.

Menhub mengatakan, sejumlah rekayasa lalu lintas yang dilakukan seperti pemberlakuan ganjil-genap, contraflow, one way, maupun pembatasan kendaraan tiga sumbu atau lebih.

Adapun penerapan dari rekayasa lalin ini akan ditentukan dari diskresi oleh pihak Kepolisian.

“Selalu ada berita macet di Kawasan Puncak. Dengan adanya rekayasa ini diharapkan lalu lintas bisa lebih terkendali,” ujar Menhub.

Baca Juga: Layanan Vaksinasi di Puskesmas Kota Bandung Tetap Beroperasi saat Libur Lebaran

Menhub mengapresiasi Kepolisian Resor Bogor yang telah mempersiapkan jalur alternatif pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Sementara itu Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menyebut pihaknya telah mempersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas di Kawasan Puncak Bogor. Sejumlah skema tersebut diantaranya contraflow, ganjil-genap, hingga pengalihan arus ke jalur alternatif.

"Di jalur alternatif sudah ada petunjuk sehingga betul tidak ada pilihan lain pada saat tanggal genap hanya mobil genap saja yang dapat melewati jalur Puncak ini.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Siapkan 2 Rest Area Khusus Pemudik Motor Dengan Fasiltas Lengkap, Cek Dua Lokasi Berikut Ini

Jadi secara keseluruhan sudah siap tinggal nanti masyarakat bisa tersosialisasikan tentang rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan di kawasan wisata Puncak," jelas Aan.

Ia menambahkan, terdapat sejumlah titik rawan kemacetan di Kawasan Puncak yaitu Restoran Cimory River Side, Pasar Cisarua, dan Taman Safari.

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Sumber: Departemen Perhubungan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X