• Kamis, 7 Juli 2022

Polri Ubah Skema Waktu One Way KM 47 - KM 414 : Mulai Pukul 17.00 - 08.00 WIB

- Sabtu, 30 April 2022 | 01:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan informasi terkait kebijakan one way, Jumat (29/04/2022). (Sumber foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan informasi terkait kebijakan one way, Jumat (29/04/2022). (Sumber foto: Humas Polri)

ngaderes.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau efektivitas penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol Merak hingga Cikampek pada puncak arus mudik. Dari hasil pemantauan, jumlah pemudik mengalami lonjakan.

Listyo mengatakan, adanya peningkatan pemudik mengakibatkan penumpukan antrean kendaraan di sejumlah titik. Maka dari itu, petugas gabungan melakukan rekayasa lalu lintas mulai dari confraflow hingga one way.

"Tadi malam kami lakukan kegiatan one way yang sebelumnya diawali contraflow. One way dilaksanakan mulai jam 17.00 sampai 24.00 WIB. Namun, karena memang padat, maka mau tidak mau kami lakukan rekayasa kembali, dan kemungkinan kita geser disesuaikan dengan jumlah pemudik," kata Listyo di Tol Cikampek KM 70, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap, Ini Bisa Menambah Pundi Pahala di Malam Lailatul Qadar

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi menyebut, pemberlakukan one way akan mengalami perubahan jadwal. Rekayasa lalu lintas dimulai sejak sore Jumat (29/4) hingga Sabtu (30/4) pukul 08.00 WIB.

One way tetap akan dimulai pada KM 47 tol Cikampek hingga KM 414 tol Kalikangkung.

"Tolong ingat jadwal yang semula jam 24.00 WIB ini bisa saja kita tambah lagi seperti kemarin, dan kesepakatan hari ini kita akan buka one way pada sore hari ini sampai besok sekitar jam 08.00 WIB," kata Firman.

Firman menerangkan, pengambilan rentang waktu tersebut bukanlah tanpa alasan. Sebab, menurut data, masyarakat banyak memanfaatkan waktu maghrib hingga malam hari untuk memulai perjalanan mudik.

Baca Juga: Tatacara dan Doa Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

"Dengan perhitungan yang kita dapat hari ini dengan mencoba membaca kecenderungan, dengan pola yang sama masyarakat akan memanfaatkan waktu-waktu tadi," kata Firman.

Firman juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti jadwal yang telah disampaikan oleh petugas. Selain itu, bagi masyarakat yang dari arah timur menuju Jakarta dapat memanfaatkan waktu mudik mulai pukul 10.00 pagi hingga 16.00 WIB.

"Himbauan kami ikuti jadwal yang disampaikan petugas dan bagi masyarakat dari arah timur menuju arah Jakarta bisa memanfaatkan waktu mulai jam 10.00 hingga 16.00 WIB," kata Firman.***

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Humas Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X