• Kamis, 7 Juli 2022

Korlantas Polri Antisipasi Kemacetan: Berikur Ini Skema Arus Mudik 2022

- Jumat, 22 April 2022 | 09:44 WIB
Korlantas Polri sudah menyiapkan skema untuk mengantisipasi kemacetan di arus mudik 2022 (pexels)
Korlantas Polri sudah menyiapkan skema untuk mengantisipasi kemacetan di arus mudik 2022 (pexels)



ngaderes.com
– Korlantas Polri sudah menyiapkan skema untuk antisipasi kemacetan pada arus mudik 2022. Diantaranya rekayasa lalulintas di ruas tol, jalur arteri dan kawasan wisata.

“Petugas akan melakukan pengaturan parkir, termsuk pengaturan rawan macet oleh tim urai. Adapun jalur tol yang berpotensi macet ada di gate tol, bottle nek, rest area termasuk kendaraan yang mengalami masalah.” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Edy Djunaedi saat wawancara bersama radio RRI Pro1 FM, Kamis(21/4/2022).

Baca Juga: Cek Rute Alternatif Mudik Tujuan Jateng dan Jatim Berikut Ini: Bisa Pakai Jalur Selatan Jawa

Adapun hambatan di jalur arteri tambahnya, adanya pasar tumpah, sumbangan pembangunan tempat ibadah hingga perlintasan kereta api sebidang. Harapannya masyarakat mewaspadai dan mengetahui jika terjadi ketersendatan.

“Persiapan menghadapi lonjakan pemudik sudah dilakukan survey sejak Februari. Cara bertindaknya sudah dirumuskan. Prediksi puncak arus mudik tanggal 28 April sampai 1 Mei, sedangkan arus balik tanggal 6 sampai 8 Mei.” tambah Kabag Ops.

Baca Juga: Menhub Cek Terminal Rambutan: Sarankan Mudik 2022 Di Tanggal Berikut Untuk Hindari Prediksi Kepadatan

Sebelum tanggal 28 April, Korlantas Polri akan melakukan ujicoba contraflow dan ganjil genap pada tanggal 22 dan 23 Mei. Kabagops berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat tidak melakukan pelanggaran dan patuh terhadap peraturan lalulintas.

“Ada pengecualian kendaraan berdasarkan Surat Keputusan bersama yaitu kendaraan Presiden, Wakil Presiden, Mentri, anggota DPR dan MPR, kendaraan tamu asing, Duta Besar, kendaraan dinas, ambulans, plat kuning, kendaraan disabilitas dan kendaraan angkutan tertentu seperti kendaraan pengisian uang di ATM.” sambungnya.

Baca Juga: Resmi Jadi Wali Kota, Yana Mulyana Akselerasi Pembangunan Fly Over, Bandung Caang Hingga LRT

Kabag.Ops menambahkan, pihaknya telah menerjunkan 144.392 personel polri, dari mabes 876 dan polda jajaran sejumlah 87.004 adapun sisanya dari instansi terkait. Selain itu, Polri mendirikan 2702 posko, terdiri dari 1.710 pospam, 730 pos pelayanan dan 258 pos terpadu.

“Kami mengimbau seperti yang disampaikan oleh bapak Kakorlantas agar masyarakat tertib berlalulintas, patuhi peraturan yang ada, laksanakan mudik diawal agar tidak mengalami penumpukan. Dan tetap melaksanakan prokes berangkat dan balik kondisi sehat keluarga juga sehat.” tutupnya.

Editor: Annisa Sasa

Sumber: Korlantas Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X