• Kamis, 7 Juli 2022

Komisi V Minta Kemenhub Pastikan Kenyamanan Penumpang Transportasi Darat Saat Mudik Lebaran Tahun 2022

- Senin, 11 April 2022 | 09:59 WIB
Ilustrasi mudik. (Sumber foto: canva.com)
Ilustrasi mudik. (Sumber foto: canva.com)

 

ngaderes.com - Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Sudjadi meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara khusus Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) betul-betul dapat memastikan setiap penumpang transportasi darat yang akan mudik mendapatkan kenyamanan.

Selain itu, Sudjadi pun meminta Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub untuk memastikan keamanan setiap penumpang transportasi darat pada saat perjalanan mudik Lebaran tahun 2022 ini.

Hal itu disampaikan Sudjadi mengingat, jumlah pemudik dan arus mudik tahun ini akan mengalami lonjakan pesat.

Baca Juga: Doa Taubat Nabi Adam yang Diabadikan Alquran

Hal itu ditegaskan Sudjadi usai memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI dalam rangka meninjau persiapan sarana prasarana transportasi arus mudik Lebaran tahun 2022 ke Terminal Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (7/4/2022).

Sebelumnya, Tim kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI meninjau Bandara Adisumarmo dan Stasiun Balapan Solo dengan didampingi pejabat Ditjen Hubdat Kemenhub dan Ditjen Bina Marga PUPR.

“Berdasarkan survei potensi pergerakan pada angkutan 2022, jumlah pemudik akan mengalami kenaikan usai dua tahun tertunda mudik efek pandemi Covid-19. Apalagi saat ini pemerintah sudah menghapus syarat tes antigen atau PCR bagi pelaku perjalanan. Maka, Kemenhub wajib memastika penumpang harus mendapatkan kenyamanan serta keamanan pada saat perjalanan mudik mendatang," ujar Sudjadi.

Tak hanya itu, politisi PDI-Perjuangan tersebut mengingatkan harus ada peningkatan sinergitas kerja sama yang baik antar berbagai stakeholder terkait.

Di antaranya, tandas Sudjadi, kerja sama antara Dishub dengan pihak pengelola terminal dan Kereta Api Indonesia (KAI) dalam mengatur pergerakan antisipasi lonjakan pemudik di terminal dan stasiun, khususnya di Stasiun Balapan Solo dan Terminal Tirtonadi.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X