• Minggu, 14 Agustus 2022

BPOM Awasi Jajanan Takjil Buka Puasa di Pusat Kuliner Kota Ambon

- Jumat, 8 April 2022 | 08:00 WIB
BPOM Ambon saat lakukan intensifikasi pengawasan takjil di pusat kuliner Kota Ambon, Rabu (06/04/2022). (Sumber foto: pom.go.id)
BPOM Ambon saat lakukan intensifikasi pengawasan takjil di pusat kuliner Kota Ambon, Rabu (06/04/2022). (Sumber foto: pom.go.id)

ngaderes.com - Untuk memastikan takjil yang dijual aman dikonsumsi selama bulan Ramadhan 1443 H/2022, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Ambon kembali laksanakan intensifikasi pengawasan takjil.

Intensifikasi pengawasan takjil dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas mobil laboratorium keliling.

Pengawasan dilakukan dengan sampling jajanan takjil buka puasa di pusat kuliner Kota Ambon yakni di kawasan Waiheru, Nania dan Wayame, Kota Ambon, Rabu (06/04/2022).

Baca Juga: Inilah Makna dan Manfaat Gerakan Shalat

Petugas melakukan sampling takjil sebanyak 24 sampel yang terdiri dari 19 sampel diuji parameter kimianya dan 5 sampel untuk pengujian mikrobiologi.

Pengujian sampel ini dilakukan untuk memastikan takjil yang diperjualbelikan di kawasan tersebut aman untuk dikonsumsi dan higiene.

Selain itu, BPOM juga ingin memastikan makanan takjil bebas dari penyalahgunaan bahan kimia seperti formalin, boraks, pewarna merah rhodamin B dan pewarna kuning methanyl yellow.

Hasil uji sampel takjil di kawasan Waiheru, Nania dan Wayame Ambon semuanya memenuhi syarat untuk dikonsumsi. Artinya, sampel takjil tersebut bebas dari empat bahan kimia yang dilarang seperti yang disebutkan di atas.

Sementara untuk 5 sampel yang akan diuji mikrobiologinya, di bawa ke laboratorium BPOM di Ambon dan akan diketahui hasilnya sekitar 3 sampai 5 hari ke depan dengan harapan hasilnya memenuhi syarat.

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Sumber: pom.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X