• Rabu, 17 Agustus 2022

Polisi akan Tilang Kendaraan Over Speed dan Kelebihan Muatan di Ruas Tol Jadetabek Mulai 1 April 2022

- Jumat, 1 April 2022 | 16:46 WIB
Ilustrasi penerapan tilang elektronik di ruas jalan tol. (Sumber foto: jasamarga.com)
Ilustrasi penerapan tilang elektronik di ruas jalan tol. (Sumber foto: jasamarga.com)

ngaderes.com - Ditlantas Polda Metro Jaya akan memberlakukan aturan baru terkait penerapan tilang untuk kendaraan yang melebihi batas kecepatan maksimal dan muatan di sejumlah ruas tol di Jakarta, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jadetabek).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan aturan terkait tilang tersebut akan berlaku mulai 1 April 2022.

"Tilang kendaraan akan dikenakan bagi pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran batas muatan," jelasnya, Selasa (29/3/22).

Baca Juga: Doa Taubat Nabi Adam yang Diabadikan Alquran

Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo juga menyampaikan bahwa penegakan hukum dengan tilang ini akan berlaku selama 24 jam.

Nantinya, para pengendara yang melebihi batas kecepatan dan muatan sesuai rambu di jalan tol akan langsung ditilang dengan dikirimkan surat konfirmasi ke pengendara.

"Dari 1 sampai 31 Maret 2022 surat tilang tetap dikirimkan ke rumah masing-masing pelanggar tapi masih ada tulisan sosialisasi ETLE. Artinya pemberitahuan saja sifatnya. Tapi, saat 1 April nanti tulisan sosialisasi ETLE hilang," jelas Dirlantas.

ETLE merupakan singkatan dari Electronic Traffic Law Enforcement atau lebih mudahnya tilang elektronik.

Kamera ETLE untuk penindakan pelanggaran kecepatan kendaraan sudah terpasang di lima ruas jalan tol, mulai dari Jakarta-Cikampek baik jalur bawah maupun jalur MBZ, ruas jalan tol dalam kota, ruas jalan tol Kunciran-Cengkareng, ruas jalan tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta.

"Sedangkan untuk pelanggaran batas muatan saat ini sudah ada di tol JORR dan tol Jakarta-Tangerang," terang Sambodo.

Baca Juga: Antitesis Kebebasan : Batasan

Sebelumnya, Korlantas Polri akan memasang speed kamera di sejumlah titik di jalan tol. Pemasangan speed kamera tersebut untuk memantau para pengendara yang melintas di jalan tol melebihi batas kecepatan.

Mulai April 2022, apabila kendaraan yang melebihi batas kecepatan yang sudah ditentukan tertangkap speed kamera, maka akan dikenakan tilang.

Kecepatan kendaraan di jalan tol diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 79 tahun 2013 tentang jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4.

Aturan tersebut diperkuat dengan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 pada pasal 23 ayat 4. Disebutkan batas kecepatan di jalan tol yaitu 60-100 kilometer per jam, sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang.***

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X