• Kamis, 11 Agustus 2022

Serunya Widyatama Japan Matsuri (WJM) 2022, Gelar Lomba dan Penampilan Seni dan Budaya Jepang

- Kamis, 31 Maret 2022 | 11:58 WIB
Pembukaan WJM 2022 menampilkan tarian Odori  sebagai ciri khas  Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama (Dok.Pribadi )
Pembukaan WJM 2022 menampilkan tarian Odori sebagai ciri khas Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama (Dok.Pribadi )

 

ngaderes.com - Widyatama Japan Matsuri atau yang sering disebut WJM 2022 kembali digelar pada Sabtu, 26 Maret lalu.

Meskipun dilaksanakan secara online, kemeriahan acara WJM 2022 masih begitu terasa. Selain diikuti oleh 87 peserta lomba, turut hadir juga penampilan dari seluruh guest star dan special performance yang menjadi pengisi acara WJM 2022.

Menurut Heru Firdaus selaku ketua pelaksana, WJM 2022 merupakan kegiatan rutin Program Studi Bahasa Jepang sebagai salah satu bentuk sosialisasi dan promosi yang berupa kegiatan lomba-lomba baik akademik maupun non akademik.

Baca Juga: Soroti Topik Menarik di Kuliah Umum, Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama Siap Mencetak Lulusan Unggul

Sementara itu, ketua Prodi D-III Bahasa Jepang, Aan amalia, Dra., M.Pd juga ikut serta memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang ikut berpartisipasi dan seluruh panitia yang sudah bekerja keras demi kesuksesan acara WJM 2022 ini.

“Kalah atau menang adalah hal yang biasa dalam sebuah perlombaan. Tapi bagi saya, kalian semua adalah pemenang, karena sudah berani mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba.”,ucapnya.

Baca Juga: Hebat! 10 Mahasiswa S1 Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama Lulus 3.5 Tahun

Tidak hanya Ibu Aan, Ibu Hety Nurohmah, S.S., M.Hum. selaku ketua Prodi S1 Bahasa Jepang dan Bapak Dr. H. Hendar, Drs., M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Widyatama juga sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang begitu besar terhadap acara WJM 2022 ini dan berharap pelaksanaan WJM ini dapat menjadi fasilitas bagi pembelajar bahasa Jepang untuk menggali potensi dan kreativitas baik dari segi bahasa maupun budaya Jepang.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan adanya penampilan menarik dari tim Sara Odori Universitas Widyatama, yang dipimpin oleh Muhammd Salfa Satria. Sara Odori ini merupakan salah satu ikon/ciri khas dari Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama yang memadukan dua tarian tradisional yaitu tari piring dari Indonesia dan tari piring (sara odori) dari Jepang.

Baca Juga: Inovasi Prodi Bahasa Jepang Universitas Widyatama Gelar PkM di Tengah Pandemi

Kemudian acara WJM 2022 dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba akademik dengan menampilkan karya-karya dari peserta yang meraih juara 1, 2 dan, 3, mulai dari lomba monogatari, rodoku, shuuji, sampai desain karakter tingkat SMA dan Unversitas.

Ditengah perasaan gugup dan berdebar dirasakan peserta lomba non akademik yang menunggu pengumuman pemenang lomba cover dance dan cosplay. Acara semakin seru dengan penampilan dari Hoshiko no Hikari dan Yon Go yang membawakan lagu-lagu penuh semangat. Alhasil, penonton semakin antusias mengikuti acara WJM 2022 ini.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 4 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur
Baca Juga: Kesulitan Bangun Pagi? Yuk Ikuti 5 Tips Berikut!

Setelah pengumuman pemenang lomba non akademik, Harvest sebagai salah satu special performance ikut memeriahkan acara dengan menyanyikan lagu-lagu yang identik dengan anime. Diiringi alunan biola yang semakin membuat penampilannya unik dan menarik.

Penampilan berikutnya datang dari Project Cadmus yang membawakan lagu-lagu LiSA. Penonton WJM 2022 semakin terbangkitkan semangatnya mengikuti rangkaian acara demi acara.

Penampilan dari Project Cadmus yang membawakan lagu-lagu LiSA di WJM 2022 (Dok.Pribadi)

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X