• Minggu, 29 Januari 2023

Ilkom UNIDA Gontor Gelar Seminar Nasional soal 'Terkenal di Jalan yang Benar'

- Senin, 28 Februari 2022 | 06:40 WIB
Ilmu Komunikasi atau Ilkom UNIDA Gontor gelar Seminar Nasional bertemakan “Terkenal di Jalan yang Benar” pada Sabtu (26/2/2022). (Sumber foto: ilkom.unida.gontor.ac.id)
Ilmu Komunikasi atau Ilkom UNIDA Gontor gelar Seminar Nasional bertemakan “Terkenal di Jalan yang Benar” pada Sabtu (26/2/2022). (Sumber foto: ilkom.unida.gontor.ac.id)

ngaderes.com - Ilmu Komunikasi Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menggelar Seminar Nasional bertemakan “Terkenal di Jalan yang Benar” pada Sabtu (26/2/2022). Seminar ini merupakan bagian dari Communication Festival 2022.

Seminar nasional ini mengundang pakar dan konten kreator dakwah sekaligus Konselor Psikologi Al Ustadz Safiruddin Al Baqi, M.A, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Semarang Al Ustadzah Citra Safira M.I.Kom dan Konten Kreator TikTok Husain Basyaiban.

Ketiga pembicara dalam seminar tersebut memberikan tiga perspektif untuk membahas “viralitas”, yakni dari sisi psikologi, ilmu komunikasi, dan pengalaman sebagai konten kreator dakwah.

Baca Juga: Imbas Perang Rusia dan Ukraina, Bos Chelsea Mundur

Ustadz Baqi membuka dengan sebuah pertanyaan untuk membahas “keterkenalan”, yakni melalui pertanyaan mengapa orang bisa ingin terkenal?

Ternyata, manusia memiliki sistem komplek jika dilihat dari kacamata psikologis. Keinginan manusia untuk terkenal muncul atas dasar kebutuhan, kepribadian, motivasi, dan bentukan lingkungan.

Psikolog juga melihat, ada sebagian manusia yang tidak ingin terkenal, atau bahkan manusia bisa menjadi orang lain saat tampil di media sosial.

Penjelasan ini ditegaskan oleh Ustadzah Citra saat membahas “viralitas”. Dari sisi ilmu komunikasi, viral adalah sebuah konsekuensi dari perkembangan teknologi informasi-komunikasi.

Dukungan platform digital dan media sosial menjadi alasan besar mengapa dorongan untuk viral di dunia saat ini semakin tinggi. Sehingga perlu bagi masyarakat luas untuk mengerti pedoman dan batasan dalam mengarungi dunia maya.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: ilkom.unida.gontor.ac.id

Tags

Terkini

Spotify Akan Memberhentikan 6% Karyawannya

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:20 WIB

Kota Bandung Panen Raya Perdana Bawang Merah

Minggu, 22 Januari 2023 | 10:47 WIB

PM Selandia Baru Memutuskan untuk Mengundurkan Diri

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:20 WIB
X