• Minggu, 14 Agustus 2022

Menkes Budi Gunadi S Himbau Masyarakat Untuk Mengetahui Ciri-ciri Varian Omicron dan Pencegahannya

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 22:24 WIB
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron tengah melanda Indonesia
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron tengah melanda Indonesia

ngaderes.com - Saat ini, Indonesia tengah menghadapi lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron. Menteri Kesehatan RI (Menkes), Budi Sadikin, mengatakan masyarakat perlu untuk mengetahui ciri-ciri varian Omicron agar bisa melakukan pencegahan.

Omicron menunjukan gejala ringan seperti flu biasa, batuk dan demam tinggi dan tingkat penularannya pun cenderung cepat.

''Sebenarnya yang perlu masuk rumah sakit adalah pasien dengan kategori berat. Yang perlu dirawat hanya kalau dia perlu di treatment oksigen,'' ucap Menkes Budi.

Ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati. Selalu pakai masker, hindari kerumunan karena penularan akan semakin tinggi. Kalau bisa kerja di rumah, di rumah saja, tidak usah pergi kemana-mana karena risiko penularan sedang tinggi.

Baca Juga: Alasan Bulan Rajab Disebut Bulan Haram Ustad Adi Hidayat Ungkap Penjelasannya

Tapi kalau pun tertular tidak usah panik, yang penting dilakukan adalah disiplin isolasi sendiri dan minum vitamin, jika ada gejala ringan minum obat.

''Kalau ada lansia atau penyakit penyertanya (komorbid) banyak, cepatlah ke rumah sakit. Dan cepat-cepatlah divaksin untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi varian baru,'' tuturnya.

Tingkat perawatan dan tingkat keparahan pasien Omicron memang lebih rendah, mengakibatkan pasien yang masuk rumah sakit lebih sedikit daripada pasien yang melaksanakan isolasi mandiri (isoman).

Baca Juga: UU IKN Lahir Sebagai Landasan Hukum Ibu Kota Baru

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X