• Minggu, 14 Agustus 2022

Piala AFF 2020 : Indonesia Runner Up, Thailand Menang Agregat

- Minggu, 2 Januari 2022 | 09:15 WIB
Untitled design (5)
Untitled design (5)

Ngaderesport - Final Leg ke-2 Piala AFF 2020 antara Indonesia kontra Thailand, Sabtu malam (1/1/2022) Thailand menang agregat 6 - 2 atas Indonesia. Hasil tersebut membuat Indonesia menjadi Runner up Piala AFF 2020. Indonesia harus mengakui kehebatan Thailand dengan agregat 6 – 2 bagi kemenangan Thailand. Permainan Indonesia pada leg ke-2 sangat mengesankan, dengan memperlihatkan militansi yang tinggi untuk bisa menang.

Jalan Pertandingan

Terbukti permainan Timnas Indonesia pada Final Leg ke-2 lebih tenang dan menguasai pertandingan. Para punggawa Garuda tidak membiarkan permainan Thailand berkembang. Tampil menekan dari menit awal, membuat panik lini belakang Thailand. Hasilnya di menit ke-7 Indonesia berhasil menjebol gawang Thailand yang dikawal kipper Sirawak Tedsungnoen, lewat kaki Ricky Kambuaya pemain asal Persebaya Surabaya. Banyak peluang terjadi namun Indonesia belum bisa menambah gol pada babak pertama. Memasuki babak kedua, Thailand mulai bermain tenang dan mengatur tempo permainan mereka. Terlihat Thailand lebih banyak menguasa jalannya permainan pada babak kedua. Namun para pemain Indonesia tampil apik dengan menahan serangan Thailand. Keberuntungan datang di menit 54, memanfaatkan kelengahan lini belakang Indonesia, Thailand berhasil menyarangkan gol ke gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata. Tak berselang lama menit ke-56, Sarach Yooyen kembali berhasil menjebol gawang Indonesia yang panik akibat gol pertama Thailand yang dilesatkan oleh Adisak Kraisorn. Thailand unggul 2 – 1 atas Indonesia. Pelatih Shin Tae Yong tak tinggal diam, ia memasukkan Evan Dimas, Sagara juga Irfan Jaya untuk lebih menyeimbangkan lini tengah juga menambah daya serang Indonesia. Terbukti Indonesia kembali bermain menyerang, namun belum terlihat progress yang signifikan. Akhirnya Sagara yang baru dimasukan kembali ditarik keluar digantikan oleh Syahrian Abimanyu. Terbukti hasilnya di menit ke-80, Egy Maulana Fikri berhasil melesatkan bola mendatar yang tak mampu dihalau oleh kipper Thailand. Skor 2 – 2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Hasil tersebut sekaligus menentukan posisi Indonesia sebagai Runner up Piala AFF 2020.

Komposisi Pemain Timnas Indonesia

Indonesia menjadi finalis dengan komposisi pemain yang diisi oleh pemain-pemain muda berbakat. Rata - rata usia pemain Timnas Indonesia adalah 23 tahun. Adapun Victor Igbonefo yang berumur 36 tahun juga Fachruddin Aryanto yang berumur 32 tahun menjadi pemain dengan umur di atas 30 tahun. Piala AFF 2020 menjadi modal bagi Timnas Indonesia yang dihuni oleh pemain muda, sebagai pengalaman untuk menatap kompetisi – kompetisi bergengsi lainnya ditingkat Internasional.   Jurnalis: Alvan AF Editor: Intan Resika

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X