• Minggu, 14 Agustus 2022

Peringatan Hardiknas Pertama Kali di Indonesia

- Minggu, 3 Mei 2020 | 08:00 WIB
back-to-school-2629361_1280
back-to-school-2629361_1280

Ngaderes.com - Hardiknas merupakan singkatan dari Hari Pendidikan Nasional. Mengapa ada hari pendidikan nasional? Kapan hari pendidikan nasional itu? Tentu banyak yang ingin tahu tentang hari pendidikan nasional ya. Hari pendidikan Nasional bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hajar Dewantara. siapa itu Ki Hajar Dewantara? Ki Hajar Dewantara merupakan pejuang atau pahlawan Indonesia di era kolonial Belanda. Beliau lahir di Yogyakarta pada Tanggal 2 Mei 1889. Ki Hajar Dewantara memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soeryaningrat yang berasal dari keturunan keraton Yogyakarta. Ki Hajar Dewantara merupakan keluarga kaya raya yang berani menentang tentang kebijakan pendidikan pada masa itu. Kebijakan Belanda pada masa itu, hanya memeperbolehkan anak-anak orang kaya dan keturunan Belanda yang bersekolah. Kritiknya terhadap kebijakan Belanda menyebabkan Ki Hajar Dewantara kemudian diasingkan ke Belanda. Tak tinggal diam, Ki Hajar Dewantara membuat lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Perjuangannya tak sampai disitu. Setelah kemerdekaan, kemudian ia pun diangkat sebagai menteri pendidikan.

Tut Wuri Hadayani

Salah satu filosofi dan hasil karyanya adalah “Tut Wuri Hadayani” yang memiliki arti “di Belakang Memberikan Dorongan”. Kalimat tersebut dijadikan motto dan slogan pendidikan serta menjadi landasan dalam rangka memajukan pendidikan di tanah air. Karena jasa beliaulah, pendidikan Indonesia dapat tumbuh dan berkembang seperti saat ini. Dengan demikian, adanya Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional adalah untuk mengenang kelahiran bapak tokoh pelopor pendidikan di Indonesia.

Bapak Pendidikan Indonesia Wafat

Tanggal 26 April 1959 beliau wafat di usia 70 tahun. Beliau dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia atas dasar Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959 pada Tanggal 28 November 1959. Hari kelahiran beliau pun ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional Indonesia sejak saat itu. Sehingga peringatan Hardiknas pertama kali di Indonesia jatuh pada tanggal 2 Mei 1960. Hal tersebut untuk mengenang perjuangan beliau bahwa pendidikan sangatlah penting, bukan hanya bagi orang kaya saja melainkan seluruh rakyat Indonesia pun wajib berpendidikan. Dengan adanya hari pendidikan nasional setiap tanggal 2 Mei, diharapkan dapat memberikan semangat bagi masyarakat yang sedang mengenyang pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Mengingat betapa sulitnya dahulu ketika era Belanda untuk menuntut ilmu. Semoga hari pendidikan ini dapat memberikan berbagai makna yang mendalam lainnya bagi pendidikan di Indoneisa khususnya, umumnya bagi pelaksana pendidikan baik di jenjang dasar maupun perguruan tinggi. Penulis: Dea Fitri Editor: Isyfa Nasser (Refrensi: wikipedia.org)

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

Ini Kisah Dibalik Sup Pemersatu Khas Gorontalo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames Ketiga Kali

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X