naik angkot

Bagi sebagian orang, jasa angkutan umum menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk menunjang brebagai aktivitas. Baik untuk pergi ke sekolah, kampus, kantor, mall atau tempat apapun. Walaupun saat ini jasa transportasi online sudah menjadi sebuah gaya hidup baru, tapi keberadaan angkutan umum masih diminati oleh banyak orang.

Tapi terkadang, situasi dan kondisi angkutan umum yang sempit karna kelebihan muatan, atau kendaraan yang sudah tidak layak pakai, hingga supir yang suka ugal-ugalan, seringkali membuat kamu khawatir dengan keamanan angkutan umum. Betul gak? Khawatir dicopetlah, dihipnotis lah, atau tabrakan dan segudang kekhawatiran lainnya. Mulai sekarang, kamu gak perlu khawatir lagi. Karena artikel ini akan menyajikan tips-tips buat kamu para pengguna angkutan umum, agar bisa berkendara dengan aman.

naik angkot

  1. Pastikan Kendaraan yang Akan Kamu Tumpangi Layak Pakai

Mungkin kamu pernah menemukan beberapa angkutan umum yang kondisinya sudah tidak layak pakai namun tetap beroprasi untuk narik penumpang. Maksain gitu deh ceritanya. Padahal body angkutan umum sudah rengsak, remnya sudah cukup dalam, ada beberapa sparepart kendaraan yang sudah tidak berfungsi dan kerusakan-kerusakan lainnya. Di situ kamu perlu jeli menyeleksi angkutan umum yang akan ditumpangi. Kalau udah yakin angkutan itu aman untuk beroprasi, gak usah ragu lagi, langsung tarik!

  1. Hindari Menaiki Angkutan Umum dengan Penumpang Berlebih

Untuk kejar setoran, tak jarang para supir angkutan umum memaksa penumpang untuk tetap naik kendaraannya meski semua kursi penumpang sudah terisi penuh. Kondisi kendaraan yang bermuatan lebih dari kapasitasnya, biasanya beresiko cukup tinggi mengalami kecelakaan. Nah maka dari itu, tips yang kedua, hindari menaiki angkutan umum yang sudah penuh. Mending, cari yang masih kosong biar aman.

  1. Waspada Saat Menaiki Angkutan Umum

Ketika kamu sudah mendapatkan posisi enak dalam angkutan umum, jangan terlalu asik dengan aktivitasmu. Tetap waspada dengan keadaan sekitar. Belum tentu penumpang samping kanan-kiri kamu adalah orang baik. Hindari bermain gadget terlalu lama, karna akan membuat kamu lengah pada orang yang berniat jahat di sekitar mu. Jadi, tetap waspada saat menaiki kendaraan umum ya.

  1. Simpan Barang Berharga di Tempat yang Sulit Terjangkau Orang

Untuk menghindari aksi pencopetan, simpanlah barang-barang berharga kamu di tempat yang sulit terjangkau orang. Atau setidaknya, bisa selalu kamu perhatikan. Misalnya, di dalam tas bagian dalam dan menyimpannya di pangkuan kamu. Sehingga kamu tetap bisa berkendara dengan aman walaupun menggunkan angkutan umum.

Itu dia tips-tips buat kamu yang ingin aman berkendara menggunakan angkutan umum. Jadi, masih khawatir untuk naik angkutan umum? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…. (Ires)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here