kurban di tengah pandemi
Foto: Graha Dhuafa

Ngaderes.com – Graha Dhuafa Indonesia (GDI) sukses melaksanakan kegiatan kurban di tengah pandemi Covid-19, 10 Dzulhijjan 1441 Hijriyyah, Jum’at (31/07/2020). Idul Adha tahun ini, Graha Dhuafa menerima 30 ekor domba titipan donatur atau muqarib (orang yang berkurban). Kegiatan penyembelihan pun diselenggarakan di area Cigending, Ujung Berung, Kota Bandung.

Berbeda dengan kegiatan kurban di tahun sebelumnya, penyelenggaraan kurban tahun ini harus berlangsung di tengah kondisi pandemi Covid-19. Seluruh panitia kurban dan relawan pun harus menerapkan protokol kesehatan, seperti 3M yaitu “Mencuci Tangan”, “Mengenakan Masker” dan “Menjaga Jarak Aman”. Namun kondisi tersebut tidak mengurangi prosedur pemenuhan syariat ketika proses penyembelihan.

Adapun muqorib, tak perlu susah-susah hadir ke lokasi peneyembelihan. Sebab pihak panitia kurban dari Graha Dhuafa menyediakan fasilitas dokumentasi secara daring yang siap dikirimkan pada muqorib. Sehingga para muqorib tetap bisa menyaksikan dan mendoakan proses penyembelihan dari rumah.

“Walaupun kondisi kita saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, tetap tidak mengecilkan niat kita untuk melaksanakan perintah kurban. Semoga bagaimanapun kondisinya, kita semua tetap bisa menunaikan perintah Allah sebagai amal soleh kita,” tutur Ustadz Acep dalam Opening Ceremony kegiatan Peace Qurban 1441 Hijriyyah, Jum’at (31/07/2020).

Sejalan dengan yang disampaikan Ustadz Acep, kegiatan kurban kali ini tidak menyurutkan semangat relawan. Puluhan relawan aktif ikut meramaikan program Peace Qurban tahun ini yang mengambil tema Berdamai dengan Pandemi. Ada yang terlibat sebagai pengisi acara opening ceremony, penyisitan daging hewan kurban, hingga pembagian daging hewan kurban pada penerima manfaat di Bandung Raya.

Penulis: Yuyun

Editor: Intan Resika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here