ngaderes.com, Banyuwangi – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II, Letkol Laut (P) Eros Wasis, sambut kunjungan rombongan Kementerian Sosial melalui Balai Disabilitas “Mahatmiya” Bali untuk melaksanakan pendampingan kepada keluarga korban musibah tenggelamnya (Subsunk) Kapal Selam KRI Nanggala – 402, di Long Room Mako Lanal Banyuwangi, Minggu (25/04/2021).

Kegiatan rombongan Kementerian Sosial bertujuan untuk memberikan bantuan Psikologis Awal (first psychological aid), Konseling dan Trauma Healing. SelainĀ hal itu, tengah disiapkan santunan bagi ahli waris dari Kementerian Sosial untuk keluarga korban dan bantuan pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumya, pada hari Sabtu (24/04/21) atas arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini melalui Dirjen Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat Tim bergerak ke Pangkalan TNI AL (Lanal) Benoa, Denpasar, Bali untuk menelusuri informasi terkait keluarga dari ABK KRI Nanggala – 402, Informasi yang diperoleh dari Posko Search And Rescue (SAR) KRI Nanggala – 402, Tim diarahkan untuk langsung berkoordinasi dengan Lanal Banyuwangi selaku Posko SAR dan Evakuasi.

Minggu pagi (25/04/2021), Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Balai dipimpin oleh Kepala Balai Disabilitas Mahatmiya, Sutiono bertolak ke Lanal Banyuwangi dan diterima langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Eros Wasis.

Kepala Balai Disabilitas Mahatmiya mengatakan, “Kami ikut berbela sungkawa atas tenggelamnya KRI Nanggala – 402, semoga dalam waktu yang masih tersisa ini ada kabar baik untuk keluarga dan satuan Angkatan Laut,” tutur Sutiono mengawali koordinasi dengan DanLanal Banyuwangi.

Letkol Laut (P) Eros Wasis menyambut baik atas respon cepat Kementerian Sosial terhadap musibah ini.

“Terima kasih atas perhatian Kemensos terhadap bencana yang kami alami, saat ini ada 53 keluarga yang masih menunggu kabar baik dari tenggelamnya KRI Nanggala – 402, adapun diantaranya 4 keluarga asal Banyuwangi.” ucap Danlanal Bwi yang baru menjabat sejak 19 April 2021.

Sumber: Penlanal Banyuwangi

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here