Ngaderes.com Masa pandemi COVID-19 menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan dan mengalami kesulitan perekonomian rasanya sudah menjadi hal yang sangat biasa saat ini. Begitu pula dengan usaha ritel, pertokoan, hingga jasa yang juga mengalami penurunan pendapatan.

Namun, di era yang serba canggih dengan kehadiran teknologi, setidaknya para pengusaha UMKM dan pebisnis lainnya masih memiliki harapan untuk terus beroperasi. Semua orang kini dapat dengan mudah berbisnis online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kepentingan barang mewah sekalipun.

Berbagai platform digital, seperti media sosial, e-commerce,  atau marketplace lainnya juga kini dapat membantu para pengusaha kecil ataupun mereka yang baru ingin memulai usaha untuk dapat membangun bisnisnya secara digital. Terlebih, saat ini peluang bisnis di era digital sangat digemari masyarakat sebagai konsumen yang memilih berbelanja secara daring dari rumah dikarenakan kondisi pandemi yang tak kunjung mereda.

Pipit Indrawati, Merchant Education Senior Lead Tokopedia, dalam workshop “Kiat Sukses Membangun Bisnis di Tengah Pandemi”, Jumat, 13 November 2020, menyampaikan bahwa platform digital dapat membantu pegiat usaha lokal, khususnya UMKM untuk tetap menjalankan bisnis masing-masing.

“Tokopedia konsisten mengakselerasi adopsi platform digital ini agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring dapat tetap beroperasi di tengah pandemi lewat kanal daring,” ujarnya.  Ia menyampaikan bahwa siapa pun dapat memperoleh peluang yang sama untuk mengelola bisnis secara daring, salah satunya melalui marketplace. Dengan platform digital, membuka toko dapat lebih mudah, gratis, di mana dan kapan saja.

Membangun bisnis melalui platfrom digital memang bukanlah perkara sulit seperti membangun toko fisik yang tentunya juga perlu modal lebih besar. Namun, pengusaha daring harus pintar-pintar menyusun strategi pemasaran hingga memberi pelayanan yang baik bagi pelanggang. Oleh karena itu, perlu tips khusus dalam membangun bisnis online, khususnya di tengah pandemi. Berikut kiat sukses ala Tokopedia yang sempat disampaikan Pipit.

 

Writer : Winaldi Wijaya
Editor : Fierza Luthfi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here