• Sabtu, 25 Juni 2022

The Real Supervision: IHSAN

- Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB
Ilustrasi Ihsan. (Sumber gambar: canva.com)
Ilustrasi Ihsan. (Sumber gambar: canva.com)

ngaderes.com - Saya mulai dengan menceritakan sebuah peristiwa unik yang terjadi di zaman Rosulullah Muhammad SAW. Kejadian ini diabadikan oleh Umar bin Khattab yang kemudian terkumpul dalam Hadist Riwayat Muslim.

Sekitar 10 tahun setelah Hijrah, paska pelaksanaan Haji Wada, sekitar 81 hari sebelum Rasulullah wafat, Rasul dan para sahabat tengah berkumpul di dalam masjid Nabawi.

Tiba-tiba seorang pria yang berambut hitam dan berpakaian sangat putih masuk ke dalam masjid nabawi. Tidak nampak bekas-bekas debu akibat perjalanan jauh pada pakaiannya, namun tidak seorang pun diantara kami yang mengenalnya.

Baca Juga: Kisah Abu Hurairah dan Sebelanga Susu dari Rasulullah

Tanpa basa-basi, laki-laki asing tadi langsung duduk berhadapan dengan Rasulullah, saking dekatnya hingga lutut mereka bersentuhan. Kemudian dia menanyakan 5 hal kepada Rasulullah. Dan setelah rasul menjawabnya, laki-laki tadi merespon “Anda Benar”.

Para sahabat semuanya terheran-heran, dia yang bertanya, eh dia yang membenarkan sendiri jawaban Rasul. Situasi ini layaknya perilaku guru yang sedang bertanya dalam rangka mengetest kepada muridnya.

Setelah terjadi tanya jawab antara laki-laki tadi dengan Rasulullah, lalu laki-laki tadi pergi. Jadi dia datang dan pergi secara misterius.

Kemudian Rasulullah bertanya kepada Umar yang hadir saat itu, tahukah kau Umar, siapa yang tadi bertanya?

Umar RA menjawab, Allah & Rasul-Nya yang lebih tahu. Rasul menjawab; yang tadi itu adalah Jibril, dia datang dan mengajarimu tentang Agamamu.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X