• Sabtu, 25 Juni 2022

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

- Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar (Canva)
Ilustrasi Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar (Canva)

ngaderes.com - Dia adalah Sahabat yang mulia, Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhu, sepupu dari pihak ayah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Ia lahir tiga tahun sebelum Hijrah, dan berjanji setia kepada Rasulullah saw., ketika ia masih sangat muda, dan belum mencapai usia baligh. Dia berhijrah bersama orang tuanya sebelum penaklukan Makkah.

"Ya Ghulam, maukah kau mendengar beberapa kalimat yang sangat berguna?" tanya Rasulullah suatu ketika pada seorang pemuda kecil. "Jagalah (ajaran-ajaran) Allah, niscaya kamu akan mendapatkan-Nya selalu menjagamu. Jagalah (larangan-larangan) Allah, maka kamu akan mendapati-Nya selalu dekat di hadapanmu."

Pemuda kecil itu termangu di depan Rasulullah SAW. Ia memusatkan perhatian pada setiap patah kata yang keluar dari bibir manusia paling mulia itu. "Kenalilah Allah dalam sukamu, maka Allah akan mengenalimu dalam duka. Bila kamu meminta, mintalah kepada-Nya. Jika kamu butuh pertolongan, memohonlah kepada-Nya. Semua hal telah selesai ditulis."

Pemuda beruntung itu adalah Abdullah bin Abbas. Ibnu Abbas, begitu ia biasa dipanggil, dalam sehari itu ia menerima banyak ilmu. Bak kata pepatah, sekali dayung tiga empat pulau terlampaui, wejangan Rasulullah saat itu telah memenuhi rasa ingin tahunya. Pelajaran akidah, ilmu dan amal sekaligus ia terima dalam sekali pertemuan.

Abdullah bin Abbas menyukai ilmu sejak kecil. Dia mengabdikan dirinya untuk itu, memberikan perhatian untuk memahaminya, menghafal dan mempelajarinya. Setelah dewasa, ia menjadi orang yang paling mengetahui tentang Tafsir Al-Qur'an, dan hukum-hukum Sunnah yang disucikan. Orang-orang datang kepadanya dari mana-mana, untuk mempelajari hukum-hukum agama di tangannya.

Rasulullah SAW., memohon kepada Allah untuknya dengan mengatakan: “Ya Allah! Berilah dia nikmat dalam memahami ilmu agama.” (HR. Bukhari) Dia disebut sebagai penafsir Quran.

Ia dikenal sebagai guru yang terpelajar, karena pengetahuannya yang luas tentang Kitab Allah, dan Sunnah Rasulullah SAW.

Umar radhiyallahu 'anhu karena dia mencintai Ibnu Abbas, memberinya tempat duduk yang dekat dengannya di majelis-majelisnya, berkonsultasi dengannya tentang semua urusannya, dan mempertimbangkan pendapatnya, meskipun usianya masih muda.

Sa'd bin Abi Waqqas ra dia berkata tentang Ibnu Abbas: “Saya belum pernah melihat orang yang lebih memahami, lebih berakal, lebih berpengetahuan dan lebih sabar dari Ibnu Abbas. Aku melihat Umar selalu mengundangnya ketika kesulitan, mengatakan: “Ada kesulitan”, dan dia tidak akan melampaui pendapatnya, mengingat orang-orang Badar ada di sekitarnya. [Bin Sa'd] 'Aa'ishah ra dengan dia berkata: “Dari antara mereka yang selamat, Ibnu Abbas memiliki pengetahuan terbaik tentang haji.”

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X