• Sabtu, 25 Juni 2022

Tuhan Allah Azza wa Jalla: Aku Dekat, Aku Kabulkan Doa Apabila…

- Rabu, 18 Mei 2022 | 18:00 WIB
Shalat yang khusyuk tidak hanya membuat kita dekat dengan Allah, tapi juga menjaga kehidupan kita dari maksiat. (Ali Arapoglu (https://www.pexels.com/photo/photo-of-person-praying-indoors-2112049/))
Shalat yang khusyuk tidak hanya membuat kita dekat dengan Allah, tapi juga menjaga kehidupan kita dari maksiat. (Ali Arapoglu (https://www.pexels.com/photo/photo-of-person-praying-indoors-2112049/))

ngaderes.com - Tuhan pencipta seluruh manusia, Allah ‘Azza wa Jalla pernah menyampaikan informasi penting untuk semua manusia. Informasi atau pesan tersebut hendak Allah sampaikan melalui utusan Allah di bumi yakni Nabi Muhammad Saw.

Kini, kita bisa mengetahui Informasi tersebut yang diabadikan dalam Kitab Alquran surat Al Baqarah ayat 186.

Ayat tersebut menerangkan bahwa Allah ‘Azza wa Jalla menyampaikan pesan kepada Nabi Muhammad, bahwa jika ada dari hamba-hamba Allah yang bertanya tentang Allah, maka Nabi Muhammad diminta untuk menjelaskan bahwasannya Allah itu dekat dengan hamba-hamba-Nya.

Baca Juga: Waspada PMK Jelang Iduladha, Pemkot Bandung Ajukan Vaksinasi Hewan Kurban

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad Saw.) tentang Aku (Allah), maka sesungguhnya Aku dekat,” kata Allah kepada Nabi Muhammad Saw. yang terekam dalam Kitab Alquran surat Al Baqarah ayat 186.

Asbabun Nuzul - Sebab turunnya surat Al Baqarah ayat 186

Dikutip dari e-book Kitab Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz, sebelum Allah ‘Azza wa Jalla menyampaikan ayat ini kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril, telah datang seorang penduduk Badui ke hadapan Rosulullah.

"Wahai Rasulullah, apakah Tuhan kita dekat? Maka kita akan bermunajat (berbisik) kepada-Nya. Ataukah Dia jauh, maka kita akan menyeru-Nya?" tanya seorang penduduk Badui tersebut kepada Rosulullah.

Mendengar pertanyaan tersebut, Nabi Muhammad tak menjawab, Nabi hanya diam. Maka Allah ‘Azza wa Jalla pun menurunkan firman surat Al Baqarah ayat 186 kepada Nabi Muhammad Saw. untuk menjawab pertanyaan seorang penduduk Badui tadi.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Sumber: Alquran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Real Supervision: IHSAN

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:54 WIB

Kisah Inspiratif Ibnu Abbas Saat Itikaf

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB

Abdullah bin Abbas, Guru Umat yang Terpelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB
X